Wapres Jusuf Kalla Saksikan Dimulainya Torch Relay Asian Games 2018 - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 19 July 2018

Wapres Jusuf Kalla Saksikan Dimulainya Torch Relay Asian Games 2018

Sleman/Zonasatu -  Setelah sebelumnya obor Asian Games 2018 tiba untuk pertama kalinya di Yogyakarta pada Selasa (17/7/2018) kemarin, kegiatan bertajuk Torch Relay Concert Asian Games 2018 kembali digelar pada Rabu (18/7/2018) malam yang berlokasi di Lapangan Brahma, Komplek Candi Prambanan.

Acara ini merupakan penyatuan api Asian Games dari India yang dibawakan oleh legenda tenis Indonesia yaitu Yustedjo Tarik dengan api dari Mrapen, Indonesia yang dibawakan oleh Susi Susanti. Hal tersebut sekaligus menjadi penanda dimulainya Road Show Torch Relay Asian Games 2018 di Indonesia.

Setelah disatukan, api tersebut kemudian diberikan kepada Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) yang selanjutnya memberikannya lagi kepada Christina Finarsih, atlet badminton asal Yogya yang menjuarai Piala Uber 1996.

Dalam sambutannya, JK mengatakan, setelah selama lebih dari 50 tahun semenjak Indonesia didapuk menjadi tuan rumah Asian Games yang ke-IV pada 1962, kini Indonesia kembali dipercaya untuk menyelenggarakan pagelaran olahraga sekali empat tahunan itu, tepat sebulan lagi yakni 18 Agustus 2018.

"Karena itu lah penyelenggaraan ini merupakan kebanggan tersendiri bagi kita. Asian Games ini berarti kehormatan untuk kita semuanya dan juga tentu untuk memperlihatkan kemampuan kita dibidang pembangunan infrastruktur venue olahraga, mengorganisasi, dan prestasi dalam olahraga," paparnya.

Penyatuan api Asian Games kali ini, lanjut JK, merupakan lambang penyatuan semangat yang memungkinkan suksesnya penyelenggaraan acara tersebut. "Karena dengan semangat itulah bangsa akan maju. Tidak ada bangsa yang maju tanpa semangat, semangat olahraga, semangat pembangunan, semangat perjuangan, semuanya sangat penting untuk bangsa ini," tegasnya.

Ketika ditemui seusai acara, JK kembali menekankan bahwa aspek penting dalam perhelatan Asian Games 2018 ini adalah prestasi atlet untuk memperoleh medali yang cukup agar Indonesia bisa memperoleh posisi di 10 besar.

Terkait persiapan yang dilakukan oleh para atlet yang akan bertarung, ia menandaskan bahwa persiapannya sudah cukup matang dilakukan. Ia kembali optimis bahwa Indonesia akan bisa memperoleh posisi di 10 besar. "Ini saya kira pelatihan yang paling intensif dari seluruh penyelenggaraan event yang ada, dan target kita sepuluh besar" imbuhnya

Sebelumnya, Menko PMK, Puan Maharani  mengatakan agar seluruh masyarakat di kota-kota yang dilewati ikut menyemarakkan Asian Games. Diingatkannya, agar Torch Relay dimanfaatkan sebagai promosi budaya dan pariwisata Indonesia.

"Manfaatkan event Torch Relay ini untuk promosikan destinasi wisata, seni budaya, dan potensi daerah tidak hanya pada masyarakat Indonesia tetapi juga masyarakat dunia," ujar Puan.

Hadir dalam konser Torch Relay Asian Games 2018, Menpora Imam Nachrowi, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua KONI Tono Suratman dan Wakapolri Komjen Pol Syafruddin, Ketua Inasgoc Erik Thohir.

Penulis : M. Tariez
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com