GIIAS 2018 Diharapkan Memberikan Sumbangsih Roda Ekonomi Indonesia - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 2 August 2018

GIIAS 2018 Diharapkan Memberikan Sumbangsih Roda Ekonomi Indonesia


Jakarta, (Zonasatu) - Pameran otomotif internasional terbesar di Tanah Air, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) diharapkan bisa menjadi tolok ukur peran dan bertumbuh-kembangnya industri automotif Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Yohannes Nangoi dalam sambutannya disela-sela pembukaan GIIAS 2018 yang dilakukan oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD Serpong Tangerang, Kamis (2/8/2018)

"Diharapkan ajang GIIAS ini mampu memberikan sumbangsih terhadap gerakan roda ekonomi Indonesia. Industri automotif Indonesia sendiri terus berevolusi untuk meningkatkan kinerja dan menempatkan bangsa ini sejajar dengan industri automotif global. Apalagi GIIAS ini juga dijadikan sebagai ajang untuk peluncuran mobil-mobil baru untuk pertama kalinya (world premiere)," ujar Yohannes Nangoi.

Menurutnya, selama ini Gaikindo  mewakili industri automotif Indonesia melaporkan bahwa industri automotif Indonesia menyambut baik implementasi dari kebijakan pemerintah atas Euro4. Hal ini sebagai strategi Indonesia mendorong perkembangan industri automotif Tanah Air, serta membuktikan bahwa industri automotif nasional siap berkomitmen untuk mendukung terwujudnya Indonesia yang minim polusi.

"Untuk itu, industri telah berkomitmen mempersiapkan seluruh lini industri otomotif menyambut spesifikasi Euro4, baik dari sisi teknologi kendaraan hingga kesiapan industri pendukung," ujanrya.

Di kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyatakan, industri automotif Indonesia memiliki peran besar terhadap roda ekonomi Indonesia.

“Industri automotif Indonesia adalah salah satu industri andalan yang memiliki peran besar terhadap roda ekonomi Indonesia. Industri otomotif Indonesia juga merupakan salah satu industri yang menjadi jendela untuk menunjukkan kemampuan dan potensi Indonesia kepada dunia,” kata Airlangga.

Lebih lanjut dikatakan, perkembangan industri automotif adalah salah satu yang selalu positif dan mendukung pemerintah. Termasuk peraturan pemerintah No. 20/2017 tentang Penerapan Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor yang akan secara resmi diimplementasikan pada Oktober 2018.

Dalam rangkaian acara pembukaan GIIAS 2018 ini, Airlangga juga menyampaikan pentingnya implementasi Euro4. “Kami ingin menggaris bawahi pentingnya implementasi Euro4, bukan hanya untuk mendukung perkembangan industri automotif, penerapan Euro4 akan membuktikan kesiapan kita berkomitmen untuk mendukung terwujudnya Indonesia yang minim polusi dan implementasi Euro4 akan menempatkan Indonesia memasuki standar dunia global," katanya.

Euro4 adalah sebuah standar baku emisi gas buang kendaraan bermotor. Tujuan utama dibuatnya Standard Emisi Gas buang Euro adalah untuk mengurangi dampak polusi udara yang bersumber dari gas buang kendaraan bermotor. Saat Indonesia mengumumkan bahwa mulai Oktober 2018 mengadopsi Standard Emisi Gas Buang Euro4, maka di Asia hanya tinggal 2 (dua) negara yang masih menggunakan standard emisi gas buang Euro II, sedangkan sebagian besar negara-negara didunia sudah mengadopsi standard Emisi Gas Buang Euro III, IV atau yang lebih tinggi.

Penulis : Noor Irawan
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 


loading...