PDIP Pastikan Komunikasi Dengan PBNU Tetap Berjalan - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, 8 August 2018

PDIP Pastikan Komunikasi Dengan PBNU Tetap Berjalan

Jakarta/ZONASATU Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya terus berkomunikasi dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

"Hubungan kami secara institusi, secara kelembagaan, maupun juga secara personal sangat baik antara Ibu Megawati Soekarnoputri dengan Kyai Ma`ruf Amin dan Kyai Said Aqil Siroj berjalan dengan baik," kata Hasto ditemui di depan kediaman Megawati Soekarnoputri, Jakarta, pada Rabu (8/8/2018) malam.

Sebelumnya, Ketua PBNU Robikin Emhas menyampaikan kekhawatirannya bahwa warga Nahdliyin merasa tidak bertanggung jawab moral untuk menyukseskan kepemerintahan jika cawapres bukan dari kader NU.

Hasto menilai hal itu merupakan dinamika politik yang wajar menjelang penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden. Menurut Hasto, hal yang dilakukan PDI Perjuangan adalah mendengarkan dan memperhatikan dinamika politik yang terjadi.

Terkait nama Mahfud MD yang dikatakan oleh Robikin bukanlah kader PBNU, Hasto menjelaskan partai akan mendengarkan aspirasi dan terus berkoordinasi dengan seluruh pihak pendukung.

"Pada prinsipnya kami juga menghormati hak politik dari Presiden Jokowi bahwa siapa pun yang menjadi pendamping dari Pak Jokowi harus bisa bekerjasama dengan baik, kemudian juga memperkuat upaya-upaya untuk melakukan pemenangan itu, sesuai di dalam menjalankan kepemerintahan ke depan," kata Hasto.

Hasto menjelaskan Presiden Jokowi dalam mengambil keputusan mengenai pilihan tokoh calon wakil presiden telah mempertimbangkan masukan dari para ketua umum partai pendukung.

Presiden Jokowi sebelumnya mengatakan calon wakil presiden akan berinisial nama depan huruf "M".

Menurut sejumlah survei, beberapa tokoh yang berpotensi menjadi calon wakil presiden pasangan Jokowi antara lain Muhammad Jusuf Kalla, Mahfud MD, Moeldoko, Ma`ruf Amin dan Muhaimin Iskandar.

Dalam kesempatan tersebut Hasto juga memastikan kalau sejumlah partai koalisi pendukung Presiden Joko Widodo tidak ada yang hengkang karena keputusan calon wakil presiden yang akan diambil.

"Kami pastikan tidak ada yang hengkang, karena siapa pun juga yang ditetapkan sebagai calon wakil presiden tentu saja memperhatikan seluruh masukan-masukan yang diberikan oleh para ketua umum parpol pengusung Pak Jokowi," kata Hasto

Menurut Hasto, komunikasi dengan sejumlah ketua partai terus berjalan baik. Dia menjelaskan para sekretaris jenderal partai pendukung pun telah menyatukan identitas untuk mendukung Jokowi.

"Tentu saja dialog terus dilakukan dan sekali lagi representasi ke-Indonesiaan kita sangat penting mengingat kita bangsa yang bergotong-royong dan bangsa yang mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga kepemimpinan yang menyatukan itu juga ditandai dengan aspek representasi itu dan ini wajar dalam demokrasi," kata Hasto terkait potensi adanya partai partai pendukung tambahan.

Partai pendukung Jokowi, menurut Hasto, akan mendatangi Komisi Pemilihan Umum untuk mendaftarkan pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Jumat (10/8/2018).

***
Penulis : Totok C
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 


loading...