Distribusi Bantuan Pasca Gempa Dipastikan Mensos Tak Lagi Bermasalah - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, 10 September 2018

Distribusi Bantuan Pasca Gempa Dipastikan Mensos Tak Lagi Bermasalah

Jakarta/ZONASATU - Menteri Sosial (Mensos),  Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan distribusi bantuan bahan kebutuhan pokok bagi para pengungsi dan warga pascagempa di Nusa Tenggara Barat sudah berjalan lancar, tak lagi bermasalah.

"Tidak ada problem tentang distribusi. Saya telah bertatap langsung termasuk di daerah-daerah yang sulit, saya melihat kebutuhan pokok tersedia," kata Agus kepada wartawan di Gedung Nusantara II di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (10/9/2018).

Bantuan dari berbagai pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, warga dan donor lain, menurut dia, sudah disalurkan kepada para pengungsi dan warga terdampak gempa di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Sementara proses rekonstruksi dan rehabilitasi rumah warga yang rusak akibat gempa, dia menjelaskan, masih menunggu hasil verifikasi kerusakan bangunan akibat gempa dari pemerintah daerah.

Berdasarkan hasil verifikasi, ia mengatakan, pemerintah akan menyiapkan bantuan dana perbaikan rumah yang akan dikirim ke rekening bank warga terdampak gempa supaya mereka bisa segera membangun kembali rumah mereka yang rusak.

Agus menjelaskan pula bahwa pemerintah juga fokus melakukan upaya rehabilitasi dan perlindungan sosial bagi warga terdampak gempa. Kementerian Sosial telah menyiapkan 90 tenaga Layanan Dukungan Psikososial untuk membantu upaya pemulihan trauma pascagempa, khususnya pada kelompok rentan seperti anak-anak, warga lanjut usia, dan penyandang disabilitas.

Gempa yang sejak 29 Juli berkali-kali mengguncang wilayah Lombok dan sekitarnya hingga 26 Agustus terdata telah merenggut 565 korban jiwa, menyebabkan ribuan orang terluka, dan mengakibatkan sekitar 74 ribu rumah warga rusak

***
Penulis : Mella Permata Sari
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com