Kemenpora Tagih 3.226 unit Barang Milik Negara Yang masih Dikuasai Roy Suryo - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, 4 September 2018

Kemenpora Tagih 3.226 unit Barang Milik Negara Yang masih Dikuasai Roy Suryo













Jakarta/ZONASATUMantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, ternyata belum mengembalikan sejumlah barang milik negara (BMN) yang merupakan aset Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Hal tersebut terungkap dalam surat dengan kop Kemenpora yang ditujukan kepada Roy Suryo tertanggal 3 Mei 2018. Dalam surat itu, Kemenpora meminta Roy mengembalikan

3.226 unit barang milik negara.



Butuh perjuangan bagi Kemenpora untuk menagih barang-barang inventaris negara yang masih ‘dikuasai’ oleh Roy Suryo. Setidaknya sudah 4 tahun Kemenpora melayangkan tagihan agar mantan Menpora itu segera mengembalikan barang yang jumlahnya mencapai 3.226. Kemenpora pertama kali melayangkan surat ke Roy Suryo pada akhir 2014. Saat itu Roy menepis bahwa dirinya membawa barang inventaris negara.

“Nggak ada itu, itu isu. Buat apa itu saya bawa,” kata Roy, yang tertawa terbahak mendengar isu miring itu saat dimintai konfirmasi, Kamis (30/10/2014).

Pada Oktober 2014 atau saat isu itu berembus, berarti hanya beberapa hari setelah Kabinet Indonesia Bersatu jilid II pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono purnatugas. Roy, yang berada di kabinet, pun diganti Imam Nahrawi, yang hingga kini masih menjabat dalam Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dua tahun berlalu setelah isu itu, rupanya Kemenpora kembali menyurati Roy. Gatot S Dewa Broto, yang waktu itu masih menjabat Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, bercerita babak penagihan inventaris negara kepada Roy Suryo.

“Setelah serah-terima jabatan pada 29 Oktober 2014, Kemenpora sudah mengirimkan surat, Pak Roy diminta mengosongkan rumah tinggal di Widya Chandra karena mau ditempati,” kata Gatot Jumat (17/6/2016).

Sejumlah barang telah dikembalikan Roy pada akhir 2014. Barang-barang tersebut di antaranya televisi, kamera, dan lensa kamera.

Surat terakhir bernomor 5-2-3/SET.BIII/V/2018 dikirim tertanggal 1 Mei 2018. Dari surat itu diketahui ada 3.226 barang yang belum dikembalikan.

Menurut Gatot, memang Roy sudah mengembalikan barang yang dibawanya. Namun, nilainya masih jauh dari Rp 8,5 miliar.

“Sudah ada yang dikembalikan tahun 2016 sebanyak (senilai) Rp 500 juta, Sudah ada kursi dan mesin cuci dan lainnya,  saya tidak hafal. Sekarang barangnya ada di gudang kami. Tapi sisanya belum, makanya masih muncul di temuan BPK,” sebut Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto saat dihubungi, Selasa (4/9/2018).

Gatot mengatakan barang-barang itu wajib dikembalikan. Karena belum mendapat respons Roy Suryo, menurut Gatot, Kemenpora akan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu. Koordinasi dilakukan karena barang milik negara harus dikembalikan.

***
Penulis : Wawan
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com