Renstra TNI Tahap II Sudah Capai 61 Persen - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Friday, 28 September 2018

Renstra TNI Tahap II Sudah Capai 61 Persen

Jakarta / ZONASATUPanglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, mengatakan bahwa rencana strategis (Renstra) TNI tahap kedua dalam pemenuhan kekuatan pokok minimum atau "Minimum Essential Force" (MEF) TNI saat ini sudah mencapai 61 persen dari yang ditargetkan 72 persen pada 2019.

"MEF tahap kedua, sesuai dengan rencana mencapai 72 persen. Saat ini kita sudah mengarah ke 72 persen, yaitu sebesar 61 koma sekian persen," ucap panglima TNI saat membuka Pameran Alutsista TNI, di Silang Monas, Jakarta, Kamis (27/9/2018) petang.

Pemerintah Indonesia membagi tiga tahapan Rencana Strategis (Renstra) dalam MEF. Renstra pertama pada periode 2009-2014, renstra kedua periode 2014-2019 dan Renstra ketiga dilakukan pada periode 2019-2024.

Target Renstra ditargetkan mencapai 100 persen pada 2024 dan dilakukan untuk membentuk kekuatan pertahanan yang memadai. Fokus dari MEF termasuk menitikberatkan pembangunan dan modernisasi alutsista beserta teknologinya.

TNI  sendiri akan menambah alutsistanya agar target 72 persen MEF dapat tercapai, yakni dengan menambah satu kapal selam yang saat ini tengah dibangun di PT PAL Surabaya bersama perusahaan galangan kapal asal Korsel.

Sedangkan TNI Angkatan Udara juga akan menambah pesawat angkut dan tempurnya, yakni CN-235 dan pesawat tempur generasi 4,5 hingga 5 untuk mengganti F-5 Tiger yang sudah tidak dipakai lagi.

"Yang kita inginkan pesawat tempur generasi 4,5 hingga 5 untuk memperkuat alutsista yang dimiliki TNI," kata Panglima TNI.

Kementerian Pertahanan sendiri sudah menandatangani pembelian sebelas pesawat tempur asal Rusia, Sukhoi-35.

Pada 2018 ini, TNI Angkatan Darat telah menerima delapan helikopter serang, Apache dari Amerika Serikat. Dengan kekuatan pokok minimum yang dimiliki Indonesia diharapkan dapat menangkal segala ancaman yang ingin masuk ke wilayah Indonesia.

***
Penulis : Noor Irawan
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com