Sambut HUT-nya ke73 Tahun, TNI Gelar Pameran Alutsista di Silang Monas - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 27 September 2018

Sambut HUT-nya ke73 Tahun, TNI Gelar Pameran Alutsista di Silang Monas



Jakarta/ZONASATUTentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) 2018 dengan menampilkan Alutsista paling canggih dan modern yang dimilikinya. Pameran ini digelar di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat dan berlangsung dari tanggal 27 hingga 29 September 2018 dalam rangka HUT TNI ke-73.

Pameran Alutsista telah resmi dibuka oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kamis (27/9/2018). KSAL Laksamana Siwi Sukma Adjie TNI, KSAU Marsekal Yuyu Sutisna, para petinggi TNI serta pejabat tinggi ketiga matra dan juga Polri tampak menghadiri pembukaan pameran Alutsista TNI tahun ini.

"Hari ini dibuka secara resmi pameran alutsista TNI-Polri dalam rangka HUT TNI ke-73. Kegiatan pameran alutsista bukan hanya di DKI tapi hampir seluruh Kodam," kata Hadi di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (27/9/2018).

Menurut Hadi, pameran ini sengaja dibuka untuk mendekatkan TNI dengan rakyat. Apalagi, dalam waktu dekat akan diperingati HUT TNI. Selain itu, acara ini juga merupakan kesempatan pihaknya memamerkan alutsista milik TNI yang canggih dan modern.

"Semuanya computerize, perbedaannya adalah saat ini kita memamerkan alutsista TNI AD yang baru," ucap Hadi.

Selain itu, Hadi menegaskan, kegiatan yang juga menampilkan kekuatan dari Korps Bhayangkara ini juga sebagai gambaran bahwa TNI dan Polri memiliki sinergitas yang kuat guna menciptakan kondisi negara yang aman dan damai.

"Dalam proses yang penting lagi adalah sinergiatas TNI-Polri memeriahkan alutsista dan polri memamerkan alutsista di antaranya kendaraan taktis," tandas Hadi.

Seperti diketahui, dalam pameran tersebut sejumlah alutsista milik TNI dipamerkan. Di antaranya adalah Barracuda, Panser V-150 Intai, Panser V-150 AP, Panser V-150 Commando, Panser V-150 Canon, Tank Scorpion, Tank Stormer APC, Tank Stormer Komando, Tank Recovery, Microlight Trike, Atlas Firing Unit.

Masyarakat umum dapat manghadiri pameran ini secara gratis. Di sana, masyarakat dapat melihat berbagai peralatan dan kendaraan tempur tercanggih TNI Angkatan Darat yang ditampilkan.

Beberapa di antaranya adalah Tank Leopard, Tank Murder, Helikopter Apache AH 64E, Helikopter MI 35, Meriam Astros dan peralatan navigasi serta kendaraan dan peralatan tempur pendukung lainnya.

Seluruh kecabangan kesenjataan (satuan tempur dan bantuan tempur) dan kecabangan Bantuan Administrasi (Banmin) juga menampilkan berbagai keunggulannya dalam pameran yang berlangsung selama 3 hari ini.

Antusiasme masyarakat cukup tinggi saat menyaksikan dan melihat secara dekat peralatan-peralatan tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun terlihat berfoto dengan latar belakang kendaraan dan peralatan tempur tersebut. Bahkan, masyarakat pun ada yang mengantri untuk mencoba naik kendaraan tempur TNI AD.

"Rasanya seperti naik mobil biasa, enaklah pokoknya. Nggak seperti kepikiran mobil tank yang panas, ga nyaman," jawab Nita, salah satu pengunjung Pameran Alutsista yang sudah mencoba naik Panser Canon.

Pameran Alutsista TNI ini digelar dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-73 sekaligus lebih mendekatkan dan mengenalkan masyarakat kepada berbagai Alutsista yang dimiliki oleh TNI. Hal ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat Indonesia dalam menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kapendam Jaya Kolonel Kristomei Sianturi berharap melalui pameran ini publik bisa mengetahui perkembangan persenjataan TNI.

"Harapannya TNI menjadi salah satu kekuatan militer yang handal dan disegani di dunia serta dicintai rakyat sesuai jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, tentara profesional," ujar Kristomei.

***
Penulis : Noor Irawan
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 


loading...