TNI Butuh Anggaran Rp. 1,5 Triliun Untuk Pasukan Anti Teror - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 6 September 2018

TNI Butuh Anggaran Rp. 1,5 Triliun Untuk Pasukan Anti Teror

Jakarta/ZONASATU - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengajukan dana sebesar Rp 1,5 triliun untuk pembentukan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI yang mempunyai tugas untuk operasi penanggulangan terorisme. Dana tersebut untuk pembangunan sarana dan prasarana Koopsusgab.

“Itu Rp 1,5 triliun. Sudah masuk dalam pagu anggaran kita,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Ia menjelaskan dana tersebut juga digunakan untuk pembelian material khusus, senjata dan perlengkapan lainnya. Hal itu untuk mendukung tugas Koopssus memberantas terorisme.

“(Anggaran) untuk pembangunan sarana dan prasarana, pemilihan material khusus, senjata dan perlengkapan lainnya,” kata Hadi.

Koopsus dibentuk untuk penanganan terorisme. Pembentukan lembaga itu sebagai tindak lanjut dari hasil revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Koopsus merupakan gabungan pasukan elite yang ada di TNI. Ada Kopasus dari TNI AD, Kopaskhas dari TNI AU dan Marinir dari TNI AL.

Pada operasi pemberantasan teroris di Poso, pasukan ini diberi nama Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopsusgab). Setelah operasi di Poso berhasil, pasukan itu dibubarkan. Kini dihidupkan lagi dengan nama baru Koopsus.

Hadi menjelaskan permintaan dana Rp 1,5 triliun itu dimasukkan dalam usulan anggaran dari TNI kepada DPR. Pada Rapat kerja dengan Komisi I DPR, Rabu (5/9), TNI telah mengajukan usulan anggaran sebesar Rp 107,16 triliun. Angka itu meningkat Rp 1,10 triliun bila dibandingkan tahun 2018.

“Tambahan untuk pembangunan pangkalan militer satuan baru,” tutur Hadi.

***
Penulis : Himawan Aji
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com