TNI Segera Kerahkan Pasukan Bantu Tangani Bencana di Palu dan Donggala - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 29 September 2018

TNI Segera Kerahkan Pasukan Bantu Tangani Bencana di Palu dan Donggala

Jakarta/ZONASATUTNI bergerak cepat segera mengerahkan pasukan dalam upaya untuk membantu korban bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018) petang.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, mengungkapkan, pengerahan pasukan ini sesuai perintah Presiden Joko Widodo, agar pasukan TNI dikerahkan menuju ke Sulawesi Tengah, utuk membantu para korban bencana.

"Pasukan yang disiapkan dan diberangkatkan, terdiri dari tim kesehatan beserta rumah sakit terapung, dan pasukan zeni," ujar Hadi Tjahjanto, Jumat (28/9/2018) malam.

Pasukan yang akan diberangkatkan terlebih dahulu, adalah dari Batalyon Kesehatan Marinir TNI AL, dan Batalyon Zeni Tempur TNI AD, didukung oleh pesawat-pesawat angkut TNI AU.

"Mereka nanti akan  kita berangkatkan dari Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, dan juga melalui dermaga Pangkalan TNI AL yang ada di Surabaya," ujar Hadi.

Selain mengerahkan pasukan, dia juga mengungkapkan bahwa pada Sabtu (29/9/2018) pagi besok juga akan diterbangkan helikopter dari Lanud Hasanudin Makasar, menuju Palu untuk membawa peralatan radio untuk mendukung komunikasi.

"Apalagi komunikasi di sana (Palu dan Donggala) saat ini kan terputus. Selain itu kami juga akan kerahkan pesawat Boeing 737-200 TNI AU dari Skadron Udara 5, untuk melaksanakan pemotretan udara. Ini untuk melakukan pemetaan terhadap daerah yang mengalami kerusakan," ujarnya.

Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Air Nav di Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, terkait kelayanan bandara di Palu, untuk pendaratan pesawat angkut. "Karena info yang kami terima Bandara di Palu ditutup. Kalau tidak bisa didarati pesawat tentunya kita akan melakukan pengiriman pasukan dan bantuan melalui laut dari Mamuju," kata Hadi

Selain itu, kata Hadi, TNI juga akan memberangkatkan KRI Soeharso yang akan difungsikan sebagai rumah sakit terapung. KRI Soeharso akan membawa tim dokter spesialis yang sebelumnya juga menangani korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Pagi ini juga KRI, atau rumah sakit terapung, akan segera berangkat dengan membawa dokter spesialis," ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.mengakhiri.

***
Penulis : Noor Irawan
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 


loading...