Dalam Kontra Terorisme, Menhan se-ASEAN Sepakat Adopsi "Our Eyes" - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 20 October 2018

Dalam Kontra Terorisme, Menhan se-ASEAN Sepakat Adopsi "Our Eyes"

Singapura/ZONASATUMenteri Pertahanan se-ASEAN menyepakati untuk mengadopsi konsep Our Eyes yang diinisiasi oleh Menhan RI Ryamizard Ryacudu. Konsep Our Eyes ini  bertujuan untuk saling berbagi informasi antar negara dalam kontra terorisme.

Kesepakatan tersebut disampaikan Menhan Singapura Ng Eng Hen, sebagai tuan rumah, saat ASEAN Defense Ministers' Meeting (ADMM) Plus di Hotel Shangri-la, Singapura, Sabtu (20/10/2018).

Menurut dia, penggunaan Our Eyes disepakati oleh semua Menhan yang hadir, yakni, Menhan Singapura Ng Eng Hen, Menhan RI Ryamizard Ryacudu, Menhan Brunei Darussalam Dato Paduka Seri Haji Awang Halbi bin Hadji Yussof, Menhan Kamboja Samdech Pichey Sena Tea Banh, Menhan Laos Chansamone Chanyalath, Menhan Malaysia Mohamad Sabu, Menhan Myanmar Sein Win, Menhan Filipina Delfin N Lorenzana, Menhan Thailand Prawit Wongsuwon, dan Menhan Vietnam Ngo Xuan Lich.

"Ada persetujuan dari negara-negara ASEAN untuk memberikan bantuan dalam memerangi terorisme. Anggota ASEAN sepakat menggunakan konsep Our Eyes dari Indonesia sebagai upaya memerangi terorisme," kata Ng Eng Hen.

Our Eyes ini akan dijadikan sebagai platform kawasan untuk saling bertukar informasi intelijen yang diawali dari ASEAN.

Kemudian dikembangkan menjadi mitra di luar ASEAN yang terfokus pada mekanisme pertukaran informasi intelijen yang tepat sasaran guna melumpuhkan basis-basis kekuatan dari terorisme tersebut.

Konsep Our Eyes sudah diinisiai oleh Menhan Ryamizard Ryacudu sejak tahun lalu. Pada awal tahun 2018, tiga negara ASEAN yaitu Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand telah sepakat menggunakan konsep tersebut.

Ryamizard berharap konsep Our Eyes dapat digunakan secara efektif untuk memerangi terorisme. Dia berharap konsep tersebut juga bisa diselaraskan dengan konsep Trilateral Indomalphi yang sudah dijalankan Indonesia dengan negara ASEAN lainnya.

"Indonesia berharap konsep ini dapat diselaraskan dengan konsep Trilateral Indomalphi dan kerja sama Our Eyes yang telah kita sepakati," jelasnya.

Pada pertemuan ADMM-Plus hari ini, selain sepuluh negara ASEAN, hadir juga Menteri Pertahanan di luar ASEAN, yakni Amerika Serikat, Australia, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, Republik Korea (ROK), Selandia Baru, India dan Rusia yang akan membicarakan isu-isu kemananan dengan negara-negara ASEAN.

***
Penulis : Himawan Aji
Sumber : Antara

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com