Korem 083/BDJ Membantah Pihaknya Larang Seminar Bertajuk Sejarah di UM - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 11 October 2018

Korem 083/BDJ Membantah Pihaknya Larang Seminar Bertajuk Sejarah di UM


Malang, (ZONASATU) - Dituding melakukan pelarangan adanya seminar sejarah bertajuk "Perubahan dan Kesinambungan Historis Dalam Prespektif Keilmuan dan Pembelajaran" yang diadakan di Universitas Negeri Malang, Korem 083/BDJ melalui Kapenrem Mayor Inf Prasetya HK membantah pihaknya ikut campur dalam pembatalan seminar tersebut, Kamis (11/10/2018).

Saat dikonfirmasi oleh Zonasatu.co.id, Prasetya mengatakan jika pembatalan seminar tersebut adalah murni dari panitia acara dan tidak ada keterlibatan pihak Korem maupun unsur TNI lainnya seperti yang dituduhkan.

"Kita sudah lakukan konfirmasi ke pihak panitia acara dan mereka secara terbuka telah minta maaf kepada kami (Korem 083/BDJ) karena membawa nama TNI untuk dijadikan alasan melakukan pembatalan acara seminar. Panitia juga berharap agar permasalahan ini tidak dibesar-besarkan" kata Prasetya melalui selulernya.

Prasetya mengaku jika pihaknya tidak mendapatkan surat pemberitahuan resmi dari panitia acara adanya seminar yang bertajuk sejarah tersebut.

Disoal mengenai perijinan, pihaknya mengaku jika hal itu bukan ranahnya sehingga tidak mungkin melakukan pelarangan.

"Soal perijinan, itu bukan ranah kami." terangnya lagi.

Melalui sambungan seluler, Prasetya juga menyayangkan terkait pemberitaan yang direlease oleh Media Historia yang berjudul "Aparat Militer Larang Seminar Sejarah Di Universitas Negeri Malang" tidak melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke pihaknya sehingga dalam hal ini nama Korem 083/BDJ dan jajarannya menjadi negatif.

Dirinya menjelaskan dasar penulisan yang dilakukan oleh Media Online Historia dengan penulis Randi Wirayudha hanya berdasarkan surat pembatalan undangan kepada para narasumber.

"Harusnya mereka (Historia) dalam pemberitaannya itu berimbang dan melakukan kroscek dulu ke kita sebelum merelease suatu informasi ke publik, apalagi jika ini berkaitan dengan nama baik suatu institusi" sesalnya.

Sebelumya, nama Korem 083/BDJ dan Kodim 0833/Kota Malang disebut-sebut terlibat dalam pembatalan acara seminar bertajuk sejarah yang digelar di Universitas Negeri Malang. Tudingan tersebut kemudian dibantah oleh pihak Korem 083/BDJ karena tidak benar.

***
Penulis : Casandra Editya

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com