KSAD Paparkan Masalah Penanggulangan Terorisme di Forum Internasional - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Friday, 19 October 2018

KSAD Paparkan Masalah Penanggulangan Terorisme di Forum Internasional

Washington DC/ZONASATU - Penanggulangan terorisme memerlukan upaya tindakan komprehensif yang menyentuh akar permasalahan utama tanpa memberikan label pada satu kelompok, seperti agama, negara atau ras, Kamis (18/10/2018).

Demikian diungkapkan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Mulyono saat mewakili Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada acara The 2018 "Chiefs Of Defense Conference" di Washinton DC, Amerika Serikat.

Mulyono mengatakan, untuk mengantisipasi potensi ancaman yang ada dilakukan dengan kegiatan patroli maritim dan patroli udara bersama, serta berbagi informasi antar militer ketiga negara ini.

Dalam konteks yang lebih luas, tambah Mulyono, karakteristik trans nasional dari terorisme yang memiliki jaringan internasional, untuk menghadapinya membutuhkan pemanfaatan ASEAN sebagai forum utama penting dalam kerja sama penanganan terorisme.

"Ini semakin urgen, dengan beralihnya pola gerakan terorisme dari yang semula terpusat di Timur Tengah, menjadi tersebar ke berbagai belahan dunia," ujarnya di Washington DC Kamis

Ia juga menyadari akan kompleksitas permasalahan serta pentingnya strategi yang komprehensif, pemerintah Indonesia mengupayakan agar pola penanganan yang diambil di tingkat nasional selaras dengan upaya dalam lingkup regional dan global.

Karena itu, ia menyampaikan pandangannya bahwa solusi "smart approach" yang bersifat multi aspek dan berjangka panjang sangat efektif dalam menghadapi perkembangan organisasi ekstrimis di kawasan Indo-Pasifik.

Hal iitu dikarenakan, di wilayah banyak sekali permasalahan kesenjangan di berbagai aspek kehidupan yang dapat digunakan sebagai ruang hidup organisasi ekstrimis. Sehingga solusi dengan 'hard approach' tidak akan menghentikan berkembangnya ekstrimisme.

"Persoalan ini, bukan hanya masalah keamanan dan pertentangan kelompok. Kita harus berjalan bersama dalam suatu wadah internasional, dan merumuskan langkah-langkah konkrit untuk menyelesaikan akar dari permasalahan secara berkelanjutan," jelasnya.

Sekadar diketahui, "Chiefs of Defense Conference" merupakan forum internasional puncak tahunan bagi para Panglima Militer dari mitra pertahanan AS di seluruh dunia. Dilaksanakan tiga kali oleh AS, berlangsung selama satu hari penuh dan dipimpin langsung oleh Ketua Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Joseph Dunford.

Tujuan penyelenggaraan, lebih difokuskan kepada kerja sama transregional serta mempertahankan dari ancaman Violent Extremis Organization (VEO) melalui pendekatan strategik hubungan militer guna meng-counter terorisme.

***
Penulis : Noor Irawan
Sumber : Dispenad

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com