Harus di Syukuri Sebagai Bangsa yang Besar, Indonesia Bisa Tetap Bersatu - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sunday, 18 November 2018

Harus di Syukuri Sebagai Bangsa yang Besar, Indonesia Bisa Tetap Bersatu

Surakarta/ZONASATUWakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengatakan Indonesia bangsa besar yang perlu disyukuri, karena pernah beberapa kali terjadi konflik, tetapi semua dapat selesaikan dengan baik.

"Semua merasa sedih melihat keadaan negara-negara Islam dewasa ini, dan sekitar 30 persen dari 50 negara Islam di dunia ini penuh dengan konflik," kata JK disela acara Peringatan Milad Ke-106 Muhammadiyah di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Minggu (18/11/2018) malam.

Negara-negara Islam di dunia tersebut seperti Irak, Syria, Afghanistan, Libya, Pakistan, dan lainnya yang penuh dengan konflik dan tidak terselesaikan.

"Kita merasa bersyukur bangsa ini, dahulu banyak konflik tetapi bisa terselesaikan dengan baik. Intinya adalah keadilan seperti di Aceh, Poso, Ambon, Kalimantan, Papua, Pulau Jawa dahulu DI/TII. Semua karena tidak keadilan. Hal ini, inti upaya-upaya keadilan yang harus kita laksanakan," kata JK.

Menurut JK, ketidakadilan bidang ekonomi, sosial, dan politik, semuanya yang memunculkan konflik-konflik itu terjadi. Hal ini, bukan hanya terjadi di Indonesia tetapi juga di negara-negara lainnya.

Oleh karena itu, JK mengatakan upaya memajukan bangsa ini, baik dari perkembangan bidang ekonomi, sosial dan politik untuk memberikan kebaikan secara keseluruhan. Upaya Muhammadiyah dan bidang sosial ekonomi tentu wajib didukung bersama-sama apa yang dihadapi ke depan suatu persaingan dengan negara-negara lain di dunia. Dan, semua persaingan itu, dapat diselesaikan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, disamping upaya keadilan sosial.

"Saya yakin Muhammadiyah mempunyai saham yang besar dalam upaya itu, karena begitu banyak pendidikan dan usaha-usaha lainnya yang mewarnai bangsa ini. Upaya-upaya seperti itu, untuk mempersatukan bangsa ini ke depan. Bagaimana meningkatkan kemakmuran untuk bangsa ini, apa yang dilakukan Muhammadiyah suatu manajemen yang luar biasa," katanya.

JK dalam kesempatan tersebut juga mengatakan sudah 106 tahun Muhammadiyah mengabdi kepada bangsa, dan agamanya. Muhammadiyah beramal soleh, ibadah, usaha kepada bangsa yang besar ini.

Menurut JK, apa yang sudah dikerjakan sangat luar biasa begitu banyak bidang pendidikan, dan sekolah mulai taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, rumah sakit usaha sosial lainnya yang tentu telah memberikan makna dan sumbangan yang besar kepada kemakmuran bangsa ini.

Usaha tersebut tentunya usaha bersama dengan organisasi-organisasi keagamaan dan sosial di Indonesia yang telah mengabdikan dirinya kemanusiaan dan kebesaran agama, juga kemajuan bersama, sumbangan pikiran-pikiran dari pimpinan Muhammadiyah.

JK dalam kesempatan itu, juga menerima penghargaan Muhammadiyah Award atas program kemanusiaan dan perdamaian. Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir.
***
Penulis : Casandra Editya
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 


loading...