Ratusan Prajurit TNI-AD Amankan Perbatasan RI-RDTL - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 17 November 2018

Ratusan Prajurit TNI-AD Amankan Perbatasan RI-RDTL

Kupang/ZONASATUSebanyak 800 pasukan TNI Angkatan Darat dikirim ke wilayah perbatasan Indonesia dengan Republik Demokrat Timor Leste (RDTL) untuk mengamankan sejumlah kawasan perbatasan.

Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa kepada wartawan di Markas Lantamal VII Kupang, Sabtu (17/11/2018) mengatakan pasukan itu berasal dari satuan Yonif Raider 408/Suhbrastha, Kodam IV/Diponegoro dan Satuan Yonis Mekanis 741/Garuda Nusantara, Kodam IX/Udayana.

"Mereka nanti akan mengantikan Satgas sebelumnya yang sudah bertugas selama sembilan bulan mengamankan wilayah perbatasan yang berbatasan dengan Timor Leste," katanya usai memimpin upacara penerimaan kedatangan ratusan Satgas tersebut di Markas Lantamal VII Kupang.

Jenderal berbintang satu itu menjelaskan nantinya satuan dari Yonif Raider 408/Suhbrastha akan mengantikan satuan Yonif 743/Pradnya Samapta Yudha.

Sementara satuan Yonis Mekanis 741/Garuda Nusantara akan mengantikan satuan Yonif 715/Motuliato yang sudah bertugas selama sembilan bulan. Ratusan pasukan itu baru tiba di Kupang pada Jumat (16/11/2018) menggunakan KRI Banjarmasin 592.

Danrem 161/Wira Sakti yang juga selaku Dankolakops Satgas Pamtas RI RDTL menambahkan dengan menyampaikan bahwa tugas ini adalah kehormatan dan kebanggaan. "Tidak setiap prajurit mendapatkan kesempatan seperti kalian mendapatkan tugas seperti ini. Kehormatan dan kebanggaan kita sebagai prajurit adalah dikala kita melaksanakan tugas operasi," jelasnya.

Mantan Wadanjen Kopassus itu mengharapkan Satgas yang baru bertugas di kawasan perbatasan Indonesia-RDTL itu dapat menjalankan tugasnya dengan terus melanjutkan bernagai program yang sudah dijalankan oleh Satgas sebelumnya.

Ia pun menegaskan menjadi Satgas Pamtas Indonesia-RDTL adalah tugas mulia, karena tidak semua pasukan terpilih untuk menjaga kawasan perbatasan.

"Jaga kehormatan dan lakukan tugas dan kewajiban sebagai TNI serta terus membantu masyarakat di kawasan perbatasan," pesan Danrem kepada ratusan prajurit itu.

Sementara itu Pangdam IX/Udayana,  Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danrem 161/Wira Sakti menyampaikan harapan dari pergantian Satgas Pamtas RI RDTL. " Saya berharap kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI RDTL hendaknya melaksanakan tugas dengan maksimal sehingga situasi dan kondisi keamanan di wilayah perbatasan tetap aman dan kondusif sesuai harapan kita bersama", jelasnya.

Pangdam menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh pasukan Satgas Pamtas RI RDTL. " Laksanakan pergeseran pasukan menuju pos masing masing dengan tertib, setiba di pos segera laksanakan serah terima dengan baik, pelajari karakteristik medan, budaya, adat istiadat, situasi dan kondisi daerah setempat. Laksanakan tugas dengan baik sesuai protap dan ketentuan yang berlaku, Adakan koordinasi dengan pihak Kepolisian Negara Timor Leste bila ada terjadi pelanggaran di daerah perbatasan," ungkapnya

Selanjutnya pasukan itu akan bertolak ke kawasan perbatasan pada Sabtu (17/11/20018) sore. Sementara pasukan yang lama akan bertolak dari perbatasan pada Minggu (18/11/2018).

Hadir dalam upacara ini Kasrem, yang mewakili Danlantamal VII Kupang, yang mewakili Danlanud El Tari Kupang, Para Kasi Korem 161/Wira Sakti, Para pejabat Lantamal VII/Kupang, Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 161 beserta pengurus, Pengurus Jalasenastri Lantamal VII Kupang, Pengurus Pia Ardhya Garini Lanud.
***
Penulis : Noor Irawan
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 


loading...