Jadi Tersangka Kasus Pengaturan Skor, Polisi Tahan Johar Lin Eng - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Friday, 28 December 2018

Jadi Tersangka Kasus Pengaturan Skor, Polisi Tahan Johar Lin Eng

Jakarta/ZONASATU - Ketua Tim Media Satgas Antimafia Bola Kombes Argo Yuwono mengatakan kalau pihaknya telah melakukan penahan kepada Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Johar Lin Eng serta eks anggota Komisi Wasit PSSI Priyanto dan anaknya bernama Anik Yuni Artika. Ketiganya, diduga terlibat dalam pengaturan skor Liga 2 dan Liga 3 di Jawa Tengah.

"Sudah, sudah dilakukan penahanan terhadap ketiganya," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Sementara itu, kata Argo, anggota Komisi Disiplin (Komdis) PSSI Dwi Irianto alias Mbah Putih yang pada hari ini baru ditangkap saat ini masih menjalani pemeriksaan intensif di Polda Metro Jaya. Dan nasibnya pun, akan ditentukan besok, Sabtu (29/12/2018).

"Untuk tersangka DI ini kan baru ditangkap siang tadi. Selama 24 jam nanti akan dilakukan pemeriksaan. Ya, mungkin nanti setelah 24 jam baru kami terbitkan surat penahanan," ujarnya.

Argo mengatakan, untuk sementara ini tim Satgas Anti mafia Bola baru menetapkan empat tersangka dalam kasus pengaturan skor. Dia mengatakan tidak tertutup kemungkinan ada pihak lain yang ikut terlibat.

Saat ini pihaknya masih terus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi. Menurutnya, siapa pun yang melihat, mengetahui, mendengar apa lagi menikmati uang suap dari dugaan pengaturan skor akan diperiksa.

"Sementara, ini. Tapi yang terpenting semua yang melihat, mengetahui, mendengar apalagi menikmati uang suap, akan kami periksa," ujarnya.

Keempat tersangka itu dijerat dengan dugaan tindak pidana penipuan dan/atau penggelapan dan/atau tindak pidana suap dan/atau tindak pidana pencucian uang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 372 KUHP dan/atau UU No 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan/atau Pasal 3, 4, 5, UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan tim Satgas Anti-Mafia Bola sudah mengamankan Dwi Riyanto alias Mbah Putih di Yogyakarta. Polisi mengungkapkan masih mendalami secara luas sindikat pengaturan skor di Indonesia.

"Saat ini tersangka masuk pemeriksaan awal Tim Satgas Anti-Mafia Bola untuk didalami lagi, dikembangkan lagi, dalam rangka untuk mengungkap secara luas jaringan mafia sepakbola ini yang menggangu prestasi sepakbola Indonesia," jelas Dedi, kepada wartawan.

Dedi melanjutkan, peran Mbah Putin masih dalam lingkaran skandal pengaturan skor yang dilakukan Tjan Lin Eng alias Johar yang berkutat di Liga 2 dan Liga 3. Mbah Putih diduga berperan sebagai penyandang dana dalam sindikat tersebut.

"Kalau peran tersangka, sama seperti kemarin tersangka TL. dia sebagai penyandang dana. Nanti didalami dulu. Itu terkait pengaturan skor di Liga 2 dan Liga 3. Itu pintu awal satgas masuk menelusuri dugaan pengaturan skor lebih luas," jelas Dedi.

***
Penulis : Himawan Aji
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close