Mendagri Katakan Penanganan Tsunami Selat Sunda Sesuai Perintah Presiden - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Friday, 28 December 2018

Mendagri Katakan Penanganan Tsunami Selat Sunda Sesuai Perintah Presiden


Pandeglang/ZONASATU Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahyo Kumolo berkunjung ke Kabupaten Pandeglang guna memastikan penanganan bencana tsunami Selat Sunda di daerah itu cepat dan tepat ditangani sesuai perintah Presiden RI, Joko Widodo.

Saat pertemuan dengan Bupati Pandeglang, Irna Narulita di Pandeglang, Jumat, Mendagri menyatakan ingin memastikan kementerian terkait, Gubernur Banten, Bupati Pandeglang dan jajarannya sampai kelurahan/desa telah melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Presiden.

"Apakah semua sudah melaksanakan apa yang menjadi perintah dan intruksi Presiden dalam penanganan bencana tsunami yag melanda Selat Sunda," kata Tjahjo ketika bertemu Bupati Pandeglang Irna Narulita  di Kantor Bupati, Pandeglang, Banten, saat meninjau penanganan pasca-tsunami yang melanda daerah tersebut Jumat (28/12/2018).

Presiden, kata dia, menginginkan penanganan bencana tsunami yang melanda Banten dan Lampung dilakukan dengan cepat dan tepat. Pemerintah mengerahkan semua kemampuan untuk mengatasi bencana ini.

"Oleh karena itu semua elemen harus bergerak terjun langsung ke lapangan agar bencana ini segera teratasi," ujarnya.

Ia juga mengatakan, dalam penanganan bencana yang paling penting yakni kebutuhan pengungsi tercukupi, jangan sampai warga pengungsi merasa kekurangan, baik menyangkut urusan kesehatan, logistik, dapur umum dan   sebagainya.

"Dalam hal ini Pemerintah serius terkait penanganan bencana, ini adalah musibah, jadi kita semua harus bekerja bersama," ujarnya.

Tjahjo juga pesan kepada Irna, agar bupati berkonsentrasi untuk menyelamatkan warga dan memastikan kebutuhannya terpenuhi. 

"Yang penting adalah bagaimana menyelamatkan warga, yang di pengungsian dicermati jangan sampai ada yang sakit, kekurangan makanan, ibu-ibu dan bayi-bayinya," kata Tjahjo.

Selain itu, lanjut dia, akan ada tim yang membantu pemerintah daerah setempat mendata kerusakan rumah warga. Ia berpesan, pendataan dilakukan dengan cermat dan detil agar bantuan yang nantinya disalurkan tepat sasaran. Kemendagri juga akan memberikan bantuan dana sebesar Rp 50 juta untuk kantor desa yang terdampak.

Prioritasnya, roda pemerintahan di daerah tersebut dapat kembali berjalan agar dapat melayani masyarakat seperti sedia kala. "Tim kami ingin menginvestarisasi kelurahan yang rusak dan tidak berfungsi untuk membantu dengan stimulan dana," ujar Tjahjo.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita melaporkan progres penanganan bencana tsunami yang melanda Pandeglang lima hari yang lalu. 

"Fokus kami adalah menolong para pengungsi, sedangkan untuk evakuasi korban masih dilakukan oleh Basarnas," katanya.

Ia mengatakan, saat ini  korban yang selamat ditempatkan di posko pengungsian yang aman jauh dari bibir pantai, sedangkan kebutuhan  logistik untuk para pengungsi pihaknya bekerja sama dengan BNPB maupun Kemensos untuk mendistribusikan kebutuhan pokok bagi para pengungsi.

"Alhamdulilah jumlah logistik cukup. Kami sudah instruksikan agar dibagikan secara adil dan merata,  harus dipastikan pengungsi tidak kekurangan," ujar Irna mengakhiri.

***
Penulis : Sofyan Ahmad
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close