Sepanjang Tahun 2018, Polri Klaim Selamatkan Uang Negara Rp. 2,3 Triliun - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 27 December 2018

Sepanjang Tahun 2018, Polri Klaim Selamatkan Uang Negara Rp. 2,3 Triliun

Jakarta/ZONASATU - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengklaim, telah menyelamatkan keuangan negara hingga Rp 2,316 triliun sepanjang 2018. Uang negara tersebut diselamatkan lewat pengungkapan perkara di antaranya tindak pidana korupsi, illegal logging atau penebangan liar, illegal mining atau pertambangan liar dan illegal fishing atau penangkapan ikan ilegal.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengungkapkan,  keuangan negara yang diselamatkan Polri sepanjang 2018 meningkat 23 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang senilai Rp 1,887 triliun. Menurut Tito, korupsi masih menjadi kasus paling banyak ditangani Polri sepanjang 2018 yakni sebanyak 1.455 perkara atau turun 2 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 1.490.

“Untuk kejahatan ilegal mining meningkat tahun ini dibandingkan kejahatan lainnya daripada tahun 2017," ujar Tito saat acara Konfresnsi Pers Akhir Tahun 2018 di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (27/12/2018).

Menurut Tito, dari 1.455 kasus korupsi, sebanyak 853 yang sudah selesai ditangani dan dilimpahkan ke jaksa penuntut umum (JPU). Sementara untuk perkara tindak pidana illegal logging, sebanyak 357 kasus yang selesai ditangani dari 626 kasus yang dilaporkan ke kepolisian di seluruh Indonesia.

"Untuk kasus illegal fishing sendiri, tahun ini total jumlah kasusnya ada 82 perkara. Polri berhasil menyelesaikan 38 perkara dari total 82 perkara itu," papar Tito.

Kemudian, untuk kasus tindak pidana illegal mining atau penambangan liar ada 267 kasus yang sudah selesai ditangani dari 569 perkara. Tito menambahkan, pihaknya akan terus mendorong tim penyidik Polri untuk menyelesaikan seluruh perkara yang belum terselesaikan sepanjang tahun ini.

"Kami akan dorong semua penyidik untuk segera menyelesaikan semua kasus," kata Tito.

***
Penulis : Sofyan Ahmad
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close