Terorisme Jadi Perhatian Penting Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Wednesday, 19 December 2018

Terorisme Jadi Perhatian Penting Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru

Jakarta/ ZONASATU -  Aksi terorisme tetap menjadi perhatian dan ancaman nyata menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Teroris ini mencari sebuah panggung, media untuk menunjukkan eksistensi mereka. Jadi terorisme menjadi perhatian yang cukup penting bagi kita menghadapi Natal dan tahun baru

Untuk itu pemerintah dan negara siap mengamankan jalannya perayaan Natal 2018 dan malam pergantian Tahun Baru 2019. Dan pemerintah akan mengintegrasikan serta menyinergikan semua kekuatan yang ada untuk mencegah kemungkinan kerawanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru berlangsung.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Sesmenko Polhukam), Letjen TNI Agus Surya Bakti pada saat Video Conference dalam rangka Rapat Koordinasi Pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di di ruang Pusdalsis Mabes Polri, Rabu (19/12/2018).

“Dan tentunya peran serta masyarakat semua untuk sama-sama kita aktif melakukan upaya pencegahan, kemudian melaporkan apabila ada hal yang kira-kira dapat menimbulkan kerawanan sehingga saudara-saudara kita yang merayakan Natal dan Tahun Baru bisa melaksanakannya dengan senang hati,” kata Letjen Agus Surya Bakti saat Video Conference tersebut

Selain itu, mantan Pangdam XIV/Hasanuddin dan Pangdam VII/Wirabuana ini menyebut perlu diantisipasi ancaman sweeping oleh kelompok tertentu yang dapat mengganggu jalannya perayaan akhir tahun.

“Di samping itu juga gangguan keamanan lain adalah sweeping-sweeping yang dilakukan kelompok-kelompok tertentu yang tidak ingin perayaan ini berjalan dengan lancar,” ujar mantan Deputi I bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT ini.

Mantan Komandan Korem 152/Babullah, Kodam XVI/Pattimura ini meminta semua instansi terkait tanggap jika terjadi ancaman yang tak terhindarkan, seperti bencana alam dan musibah lain. Agus berharap semua pihak dapat mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan potensi jatuhnya korban.

“Di sisi lain bencana alam juga menjadi perhatian yang serius bagi kita semua. Kesiapan untuk menghadapi sebuah bencana yang akan terjadi, baik di darat maupun di laut, ini akan meminimalisir kemungkinan korban yang mungkin timbul,” ujar suami dari artis cantik Bella Saphira ini .

Selain itu dalam rapat koordinasi ini masalah antisipasi kemungkinan arus mudik dan arus balik termasuk keselamatan transportasi selama musim libur Natal dan Tahun Baru juga dibahas agar masyarakat dapat melakukan kegiatan mudik atau liburan dengan nyaman.

Mantan Komandan Grup 3/Sandi Yudha Kopassus ini mengatakan arus mudik dan balik baik melalui jalur darat, laut ataupun udara akan diskenarionakan sebuah upaya yang terintegrasi dan terkoordinasi.

“Di sisi lain antisipasi arus mudik, arus balik dan keamanan transportasi juga harus kita perhatikan. Kita harus memberikan kenyamanan bagi masyarakat sehingga mereka dapat melaksanakan natal dan tahun baru sebaik-baiknya,” terang ujar pria yang pernah mendapatkan Kenaikan Pangkat Luar Biasa saat menangkap gembong Fretillin, Xannana Gusmao ini.

Rapat yang dihadiri oleh para Gubernur atau yang mewakili, beberapa pejabat Bupati dan Walikota, seluruh Pangdam dan Kapolda, serta pejabat instansi terkait tersebut bertujuan untuk menyamakan visi agar kesiapan menjelang Natal dan Tahun Baru dapat dilakukan dengan optimal.

“Jadi banyak hal yang disampaikan dan semua sepaham bahwa kita akan melaksanakan dengan hal yang terbaik yang bisa kita lakukan,” kata pria yang banyak menelurkan ide cemerlang saat bertugas di BNPT ini.

***
Penulis : Noor Irawan
Sumber : Humas Polhukam

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close