Jokowi Menyoroti Kesopanan Generasi Muda dalam Media Sosial - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 31 January 2019

Jokowi Menyoroti Kesopanan Generasi Muda dalam Media Sosial

Jakarta, ZONASATUPergeseran norma etika dan adab sopan satun belakangan ini memang mulai membuat gusar.  Terlebih lagi dalam interaksi di media sosial yang kini makin menjadi trend gaya hidup generasi muda tanah air.

Hal senada juga disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat menghadiri peringatan HUT ke-93 Nahdlatul Ulama (NU), di Planery Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis 31 Januari 2019.

"Akhir-akhir ini kekhawatiran kita di media sosial, saling ejek, fitnah, semakin menjadi. Patut digarisbawahi yang muda berani melakukan saling ejek, fitnah, kepada yang tua, yang junior berani melakukan kepada yang senior," ujar Jokowi seperti dilansir Tempo.co, Kamis 31 Januari 2019.

Jokowi menilai, efek perkembangan teknologi utamanya media sosial telah memberi dampak yang luar biasa pada kehidupan masyarakat di Indonesia. Tak hanya dari sisi sosial, perubahan yang menyolok juga merambah sisi norma etika, ekonomi dan politik.  Ia menuturkan, kini, anak-anak muda sudah berani mengolok-olok bahkan menebarkan fitnah dan kebencian pada orang yang lebih tua.  Tak dapat dipungkiri, efek media sosial kini banyak mengandung mudharat dari pada manfaatnya.

"Banyak orang yang lupa mengenai nilai-nilai keagamaan, Islami, akhlak karimah, etika, budi pekerti, tata krama, sopan santun, dan komitmen tentang ke-Indonesia-an," Jokowi.

Untuk itu, Jokowi sangat berharap peran NU guna mencegah makin merosotnya akhlak generasi muda tanah air. Presiden meyakini NU memiliki komitmen keagamaan dan kebangsaan yang tak perlu diragukan lagi.

"Karena negara kita beda dengan negara lain. Keragaman, perbedaan, warna-warni negara kita betul-betul telah menjadi sunatullah, hukum Allah, ini yang terus harus kita jaga, pelihara, rawat," kata Jokowi.


***
Editor : Dhee

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close