Lagi, Satu Prajurit Terluka Saat Baku Tembak Pasukan TNI dan KKB di Mapenduma - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 31 January 2019

Lagi, Satu Prajurit Terluka Saat Baku Tembak Pasukan TNI dan KKB di Mapenduma


Jayapura, ZONASATUPenyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali terjadi di Distrik Mapenduma, Nduga, Papua, Kamis, 31 Januari 2019.  Baku tembak terjadi saat pasukan TNI melakukan patroli rutin dan mengecek daerah ketinggian.  Pada pukul 08.55 WIT, pasukan TNI yang tengah patroli, tiba-tiba diserang dari arah ketinggian dan samping kiri kanan oleh kelompok yang diindikasi pimpinan Egianus Kogoya.

"Tim patroli TNI berusaha membalas tembakan dengan memanfaatkan perlindungan alam yang ada,"jelas Kapendam 17 Cenderawasih Kolonel M Aidi, dalam keterangan tertulisnya dikutip dari Kompas.com.

Tak lama berselang, sisa pasukan TNI yang berada di pos, datang membantu dan memukul mundur kelompok OPM tersebut. Akibat penyerangan tersebut, satu prajurit TNI, Prada Laode Majid terkena tembakan pada bahu kanannya.

"Dari keterangan anggota di lapangan bahwa luka tersebut akibat tembakan pertama yang dilancarkan oleh KKB yang mungkin sudah disiapkan secara terbidik saat menunggu kedatangan pasukan TNI," ungkap Aidi.

Aidi menyebut, saat pengejaran ke lokasi titik penyerangan, ditemukan bercak darah yang mengindikasikan adanya korban tembakan dari pihak OPM.

"Namun, dari jejak yang ditinggalkan menunjukkan bahwa kelompok KKB telah menyiapkan penyerangan," ujar Aidi.

Sementara itu, korban penembakan, Prada Laode rencananya akan segera dievakuasi ke Timika dengan menggunakan helikopter.  Kondisi Laode dilaporkan dalam keadaan stabil dan telah mendapatkan pertolongan dari tim kesehatan di Mapenduma.

Aidi menilai, penyerangan OPM kali ini disinyalir sebagai upaya perlawanan pada pasukan TNI yang mulai mempersempit ruang gerak OPM.

 "Indikasi lain bahwa tujuan penyerangan yang dilakukan oleh KKB adalah memberikan perlawanan dengan tujuan ingin mengganggu dan juga berharap untuk Mapenduma dikosongkan dari pos pengamanan TNI, agar mereka (KKB) leluasa menguasai kembali markasnya," tambah Aidi.

Sebelumnya, rombongan Bupati Nduga Yurius Gwijangge yang akan mengirimkan bantuan logistik untuk masyarakat Kabupaten Nduga, juga diserang KKB di Bandara Mapenduma,Senin, 28 Januari 2019.  Akibat penyerangan tersebut, satu prajurit TNI anggota Yonif RK 751/R yakni, Praka Nazaruddin, gugur akibat luka tembak dibagian perut.

Dikarenakan rentetan penyerangan beberapa hari belakangan, pasukan TNI yang berada di pos Mapenduma semakin meningkatkan kewaspadaan.

"Saat ini, kondisi Mapenduma sekitarnya dalam keadaan kondusif, situasi sudah dapat dikuasai kembali oleh pasukan TNI," pungkas Aidi.


***
Editor : Setiawan
Kompas.com

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close