Letjen Doni Monardo Resmi dilantik Sebagai Kepala BNPB - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, 9 January 2019

Letjen Doni Monardo Resmi dilantik Sebagai Kepala BNPB

Jakarta/ZONASATU - Presiden Ri, Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letjen TNI Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Prosesi pelantikan Doni berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/1/2019) sejak pukul 09.05 WIB. Doni tampak mengenakan setelan jas warna hitam dan peci warna hitam.

Mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu dilantik dengan Surat Keputusan Presiden No 5/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Jokowi memimpin langsung pengambilan sumpah jabatan Doni.

Seusai pengambilan sumpah jabatan, Jokowi dan Doni kemudian menandatangani berita acara pelantikan. Masing-masing membubuhkan tanda tangan di atas dokumen.

Seusai pelantikan, Jokowi lantas memberikan ucapan selamat. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang hadir turut serta di belakang Jokowi untuk memberikan ucapan selamat kepada Doni.

Jokowi menegaskan, pemilihan Doni sebagai Kepala BNPB bukan karena status jenderal aktif di TNI, melainkan karena kepemimpinan Doni.

"Saya tidak melihat aktif atau tidak aktif, tetapi yang ingin saya lihat adalah manejemen yang kuat, tindakan yang cepat di lapangan," kata Jokowi usai pelantikan.



Jokowi mengatakan, Indonesia berada di kawasan 'ring of fire' alias cincin api. Sehingga perlu sebuah manajemen yang kuat dan kepemimpinan yang kuat utk mengkonsolidasi, mengkoordinasi penanggulangan bencana baik pusat maupun daerah.

"Sehingga memerlukan leadership, sebuah kepemimpinan yang kuat. Dan saya melihat Pak Letnan Jenderal Doni orangnya," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, saat ini Doni memiliki pekerjaan rumah (PR) besar sebagai Kepala BNPB. Di antaranya, rekonstruksi dan rehabilitasi di Lombok dan Palu.

"Kemudian masih kita ada lagi pekerjaan besar di Lampung. Pekerjaan besar dari Pak Doni masih banyak lagi. Itu yang saya sampaikan membutuhkan manejemen yang kuat lapangan, yang kuat," kata Jokowi mengakhiri.

Turut hadir dalam pelantikan ini Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menpan RB Syafruddin, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan menteri lainnya.

Hadir juga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Willem Ramoangilei, yang merupakan orang yang digantikan oleh Doni.
***
Penulis : Casandra Editya
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 


loading...