TNI Siap Bantu BNPT Dalam Jalankan Program Deradikalisasi pada Mantan Napi Terorisme - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Friday, 25 January 2019

TNI Siap Bantu BNPT Dalam Jalankan Program Deradikalisasi pada Mantan Napi Terorisme

Medan/ZONASATU - Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap membantu Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam menjalankan program deradikalisasi kepada para mantan narapidana kasus terorisme, keluarga, dan jaringan kelompoknya yang saat ini berada di tengah masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Direktur E Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI, Brigjen TNI Rudy Rachmat Nugraha, S.Sos., M.Sc, disela-sela acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) Pendamping Sasaran Deraradikalisasi di Wilayah Sumatera yang digelar oleh Subdit Bina Masyarakat, Direktorat Deradikalisasi BNPT di Hotel Emerald Garden, Medan.

“Khusus untuk TNI dalam konteks deradikalisasi yang dilakukan oleh BNPT kita bisa melibatkan beberapa satuan TNI yang memang memiliki peran dan kewenangan yang berhubungan dengan deradikalisasi, khususnya satuan satuan intelijen dan territorial,” ujar Brigjen TNI Rudy Rachmat Nugraha, S.Sos., M.Sc, usai menjadi narasumber pada acara tersebut Rabu (23/1/2019) lalu,

Dimana satuan intelijen menurutnya nantinya dapat memberikan masukan-masukan kepada pelaksana di lapangan terkait dengan identifikasi sasaran dari deradikalisasi maupun mungkin dari pola metode yang akan dilaksanakan dalam pelaksanaan penggalangannya.

“Kemudian satuan satuan teritorial juga yang selama ini berhubungan langsung dengan masyarakat bisa langsung terlibat untuk melakukan program deradikalisasi,” ujar alumni Akmil tahun 1991 ini seperti dikutip Damailahindonesiaku.com

Namun demikian pria yang dalam karir militernya dibesarkan di korps Artileri Pertahanan Udara ini menjelaskan bahwa semua program deradikalisasi yang dilaksanakan oleh TNI tentunya akan mengacu atau berdasarkan pada kebijakan program deradikalisasi yang dilaksanakan oleh BNPT.

“Hal ini sesuai dengan undang-undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Terorisme bahwa semua program deradikalisais adalah merupakan bagian dari kebijakan dari program deradikalisasi yang dilakukan BNPT. Dan dari TNI siap melaksanakan atas arahan dari BNPT,” ujarnya

Oleh karena itu dirimya berharap ke depan program deradikalsiasi yang dilakukan oleh BNPT akan lebih optimal, efisien dan efektif dengan menggandeng semua institusi terkait. Untuk itu dirinya mengapresiasi atas Rakor Pembentukan Pokja Pendamping Sasaan Deradikalisasi ini yang juga melibatkan TNI.

“Tentunya kami mengucapkan terima kasih kepada BNPT yang telah mengundang Bais TNI dalam kegiatan ini. Kegiatan ini saya anggap kegiatan yang sangat penting karena terkait dengan bagaimana mensinergikan Kementerian atau instansi terkait dalam program deradikalisasi yang memang membutuhkan sinergitas dan peran serta dari semua lembaga dan instansi terkait,” ujarnya mengakhiri.
***
Penulis : Himawan Aji
Sumber : Damailahindonesiaku.com

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close