Disinggung Kepemilikan Lahan di Kaltim, Prabowo Akui "Selamatkan" Aset Negara dari Asing - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Monday, 18 February 2019

Disinggung Kepemilikan Lahan di Kaltim, Prabowo Akui "Selamatkan" Aset Negara dari Asing


Jakarta, ZONASATU - Disinggung Jokowi soal kepemilikan lahan ratusan ribu hektar di Kalimantan Timur dan Aceh saat debat capres jilid ke dua di Hotel Sultan Jakarta, Prabowo mengatakan jika lahan tersebut statusnya adalah HGU (Hak Guna Usaha) dan bukan milik pribadi.

Ia juga menegaskan jika sewaktu-waktu negara menariknya kembali maka capres nomer urut dua itu pun tidak keberatan. Karena baginya sebagai seorang warga negara yang berjiwa patriotik dan memiliki nasionalisme tinggi ia siap.

"Disinggung soal lahan memang saya akui itu saya kelola, tapi itu adalah HGU milik negara dan bisa diambil negara kapan saja, jika harus dikembalikan ke negara saya siap, tapi daripada jatuh pada asing lebih baik saya kelola karena saya nasionalis dan patriotis" ungkap Prabowo pada debat capres di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Diberitakan laman detikFinance tertanggal 25 Juni 2013 lalu, diketahui Prabowo Subianto melalui perusahaannya PT. Kaltim Nusantara Coal (KNC) pernah berebut konsensi pengelolahan lahan tambang batubara seluas 10.000 hektar di Kutai Timur melawan pihak asing Churchill Mining Plc asal Inggris yang ingin melakukan pengelolahan atas lahan tersebut.

Pihak Churchill melakukan gugatan ke PTUN Samarinda, PTTUN Jakarta hingga Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung akan tetapi hasil akhirya tetap dimenangkan oleh KNC anak dari perusahaan Nusantara Energy. Nilai gugatannya sangat fantastis yakni senilai US$ 1,8 miliar.

Tidak terima dengan kekalahannya, Churchill kemudian mengajukan gugatannya kepada pemerintah Indonesia melalui Pengadilan Internasional Arbitrase International di Singapura.

Atas kemenangan tersebut, KNC dianggap sejumlah pihak telah berhasil menyelamatkan hak kelola aset negara seluas 10.000 hektar dari tangan asing.

Sebelumnya, capres nomor urut 02 Jokowi menyebut Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur. Jokowi mengatakan, Prabowo memiliki lahan seluas 220.000 hektare.

"Saya tahu pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur. Sebesar 220.000 hektare," kata Jokowi dalam Debat Capres Jilid 2 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

***
Editor : Cassandra
Detik

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close