Kerap Keluar Masuk Penjara, Hari Kuncoro Termasuk Teroris Senior - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Monday, 11 February 2019

Kerap Keluar Masuk Penjara, Hari Kuncoro Termasuk Teroris Senior


Jakarta, ZONASATUAwal Januari 2019 lalu, terduga terorisme Hari Kuncoro (HK) ditangkap oleh Tim Densus 88 di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, saat hendak terbang ke Suriah.

Hari yang sudah sejak lama diawasi tim Densus kembali harus mendekam di tahanan pasca bebas dari Nusa Kambangan, 21 Maret 2016, silam.  Tercatat tiga kali keluar masuk penjara dalam kasus serupa, Hari tergolong teroris kawakan di Indonesia. 

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo membeberkan rekam jejak Hari dilingkup teroris di Indonesia cukuplah panjang. Dedi menambahkan, Hari termasuk salah satu teroris senior di negeri ini.

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini  mengungkap Hari telah melakukan aksi teror di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Yogyakarta pada Juli 2018.

"Setelah kami melakukan investigasi terhadap tersangka, ternyata rekam jejak yang bersangkutan ini cukup panjang di dunia terorisme. Dia sempat masuk ke dalam kelompok Taliban dan aktif beraksi di wilayah Bali, NTB dan paling baru di Yogyakarta," terang Dedi, Senin, 11 Februari 2019, pada awak media.

Selain pernah masuk kelompok taliban, lanjut Dedi, HK juga bergabung dengan kelompok ISIS. HK tercatat pernah menjadi mentor jaringan ISIS di Indonesia. Dan diduga kuat memiliki koneksi langsung ke Suriah.

"Dia (Hari) narapidana terori yang sangat senior dan punya koneksi langsung ke luar negeri dan dianggap menguasai wilayah Indonesia serta Asia karena pernah belajar di Arab Saudi serta ikut giat di Afganistan. Jadi rekam jejaknya cukup panjang," tegas mantan Kapolres Lumajang ini. (is)

***
Editor : Ivana

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close