Bertemu Jokowi, Usma, Korban Rusuh 22 Mei Dikasih Baju - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Monday, 27 May 2019

Bertemu Jokowi, Usma, Korban Rusuh 22 Mei Dikasih Baju

Jakarta, ZONASATUUsma (64), seorang pedagang di Jalan KH Wahid Hasyim, yang menjadi korban kericuhan pada 22 Mei 2019 lalu, bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta, Senin (27/5/2019) siang. Usma datang sendirian ke Istana Merdeka Jakarta sekitar pukul 09.30 WIB. Kemudian diantar staf kepresidenan, untuk bertemu Jokowi.

Setelah bertemu Presiden Jokowi sekitar 45 menit, Usma keluar Istana Merdeka dengan menumpang mobil golf yang biasa ditumpangi para tamu Presiden dengan membawa pakaian/baju.

"Dikasih baju, ini ada tiga, gantinya baju saya aja, kan habis," katanya.

Selain baju yang habis, Usma menyebutkan barang dagangan berupa rokok dan minuman jualannya juga habis dijarah massa pericuh pada 22 Mei malam. "Kerugiannya sekitar atau kurang lebih Rp20 jutaan," katanya.

Kericuhan yang terjadi saat aksi 22 Mei pada Rabu (22/5/2019) malam lalu ikut merugikan Usma yang sudah sekitar 25 tahun berdagang di Jalan KH Wahid Hasyim Jakarta Pusat. Rokok dan minuman dagangannya ludes dijarah massa yang mengamuk.

"Rugi kurang lebih Rp 20 juta. Yang diambil rokok sama minuman dagangan. Rokok sisa dua bungkus dari awalnya banyak slop," kata Usma

Padahal, saya sudah kunci rapat ini lapaknya. Balik-balik tadi pagi sudah kosong melompong warungnya," kata Usma sambil menatap kiosnya yang bercat putih pada 23 Mei 2019.

Usma tidak hanya kehilangan barang dagangan. Uang tabungan dan beberapa helai pakaian yang ia miliki juga ikut ludes. "Saya baju enggak ada yang tertinggal satu pun. Sisanya enggak ada, terbakar, karena ditaruh di pos polisi. Makanya saya mau pulang kampung dulu," ujar Usma.

Atas kejadian itu, Usma pun sudah melapor kepada polisi. Saat ditanya harapannya, ia tak neko-neko. Usma hanya berharap supaya Jakarta selalu aman dan kejadian serupa tak terjadi lagi.

Dirinya mengaku akan berjualan lagi setelah merayakan Lebaran 2019 di kampung halamannya. "Suruh jualan lagi aja, kerja keras lagi," kata Usma.

Usma mengatakan hal itu menanggapi pertanyaan pesan apa yang disampaikan kepada dirinya dalam pertemuan itu. "Paling habis lebaranlah," kata Usma menjawab pertanyaan kapan akan mulai berjualan lagi.

Selain mendapat baju ganti untuk pakaiannya yang ludes akibat kericuhan itu, ia juga mendapat uang tambahan belanja dari Jokowi. Ia mengatakan akan tetap berjualan di lokasi yang selama ini ditempatinya untuk berdagang tersebut.

Ia juga menyebutkan usai kejadian 22 Mei 2019, ia pulang ke kampung halamannya di Kuningan, Jawa Barat. "Saya kan udah mudik, (tapi) hari ini diantar polisi ke sini," katanya.

Editor: Casandra Editya
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close