Jadi Irup Pemakaman Ibu Ani, Jokowi: Ibu Ani Tetap Hidup di Hati Seluruh Rakyat Indonesia - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Sunday, 2 June 2019

Jadi Irup Pemakaman Ibu Ani, Jokowi: Ibu Ani Tetap Hidup di Hati Seluruh Rakyat Indonesia


Jakarta, ZONASATUPresiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara pemakaman Ani Yudhoyono, istri Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019) siang.

Prosesi pemakaman Ani Yudhoyono yang dilakukan secara militer dengan diikuti gabungan personil TNI dan Polri ini dipimpin oleh Kolonel Inf. Yudha Airlangga sebagai Komandan Upacara (Danup) yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan Satuan (Dansat) 81 Kopassus TNI-AD 

Sebagai Irup, Jokowi berpidato di depan pusara Ani. "Saya Presiden Republik Indonesia atas nama negara, bangsa dan Tentara Nasional Indonesia dengan ini mempersembahkan kepada persada untuk pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhumah," ujar Jokowi.

Kemudian, upacara pemakaman membacakan Apel Persada yang dibacakan Irup Presiden Jokowi. Selanjutnya dengan pasukan pasang sangkur yang menembakkan senjata untuk persiapan penurunan jenazah ke liang kubur Ani Yudhoyono.

Sementara itu dua putra almarhumah Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhi Baskoro Yudhoyono mengantarkan jenazah sang ibu ke peristirahatan terakhirnya.



Berdasarkan pantauan  di TMP Kalibata, Minggu (2/6/2018), Agus dan Ibas tampak mengangkat sang ibu dengan turun langsung ke pemakaman. Suasana haru tampak menghiasi proses pemakaman dengan upacara militer ini.

Para keluarga inti secara simbolik menaburkan bunga ke peristirahatan terakhir Ani Yudhoyono dengan mengguburkannya dengan tanah secara simbolik. Hingga saat ini proses pemakaman Ani Yudhoyono masih berlangsung.

Para mantan presiden dan wakil presiden ikut hadir dalam upacara pemakaman itu. Pantauan Kompas.com, Presiden kelima Megawati Soekarnoputri dan putrinya Puan Maharani datang ke TMP Kalibata. Mega duduk di samping istri Presiden Jokowi, Iriana Widodo. Selain itu, Presiden ketiga BJ Habibie, istri Presiden keempat Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah, dan mantan wakil presiden Try Sutrisno juga tampak ikut melepas Ani ke tempat peristirahatan terakhir.

Dalam sambutanya usai pemakaman, Jokowi menyampaikan rasa penuh duka cita yang sangat dalam kepada almarhumah Ani Yudhoyono. Terutama bagi segenap rakyat Indonesia. Dirinya mengatakan, kepergian Ani Yudhoyono saat bulan Ramadan. Hal tersebut merupakan bulan yang sangat baik dalam kepergiaannya.

"Beliau meninggalkan kita semua, pada bulan ramadan, bulan yang sangat baik, bulan diturunkannya alquran, bulan yang penuh berkah penuh ampunan dan penuh rahmat," ujar Jokowi dalam Pidato usai pemakaman Ani Yudhoyono, Jakarta, MinggU 2/6/2019).


Dirinya mengatakan, Ani Yudhoyono meninggal dunia juga bertepatan dengan waktu-waktu Lailatul Qadar. Hal ini membuatnya menjadi tokoh wanita terbaik dan didoakannya menjadi husnul khatimah.

"Beliau meninggalkan kita semua pada hari-hari lailatul qadar, semoga husnul khatimah," ujarnya.

Jokowi mengajak rakyat Indonesia untuk mendoakan kepergian almarhumah Ani Yudhoyono. Hal ini dilakukan untuk menyampaikan rasa terima kasih atas dharma bakti almarhumah kepada bangsa dan negara.

"Saya mengajak Rakyat Indonesia mendoakan almarhumah untuk diterima dan diberikan sisi yang baik kepada Allah SWT, dan husnul khatimah," ujar Jokowi

Selain itu, dirinya pun mendoakan agar memberikan ketabahan kepada keluarga yang ditinggalkannya. Serta, lanjutnya, agar diampuni kekhilafan dan kesalahan almarhumah.



"Kepada keluarga ditinggalkan, presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono dan keluarga semoga Allah SWT memberikan ketabahan dan kesabaran dan menerima dengan ikhlas dan tawakal," ujarnya.

Di ujung pidato, Jokowi mengajak rakyat Indonesia melepas kepergiaan Ani Yudhoyono menghadap Allah SWT dengan tenang dengan diiringi doa.

"Beliau telah pergi, namun akan tetap hidup di hati kita semua rakyat Indonesia yang mencintainya," ujarnya.

Editor: Noor Irawan
Foto: Istimewa
Sumber: -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close