All New Mazda 3 akan awali debut di GIIAS 2019 - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Tuesday, 9 July 2019

All New Mazda 3 akan awali debut di GIIAS 2019

 Jakarta, ZONASATUAll-new Mazda3 yang tampil perdana pada pameran Los Angeles Auto Show 2018, akan melangsungkan debutnya di Indonesia pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), 18-29 Juli 2019 mendatang.

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai agen pemegang merek Mazda di Indonesia langsung memboyong model generasi ketujuh itu dalam dua pilihan tipe, yakni Mazda 3 sedan dan hatchback.

Presiden Direktur PT EMI, Roy Arman Arfandy, memastikan kehadiran Mazda 3 pada gelaran GIIAS 2019, namun ia bungkam ketika ditanya soal kisaran harga dari mobil pesaing Honda Civic sedan dan hatchback serta Volkswagen Golf itu.

"Tunggu dulu deh. Nanti tidak akan surprise di GIIAS," kata Roy Arman Arfandy kepada pewarta di sela-sela media test drive dengan rute Jakarta-Bogor-Jakarta, Senin-Selasa (8-9/7/2019) .

Kendati dua model itu akan menyasar pasar konsumen kelas menengah, Roy meyakini bahwa model hatchback akan lebih diminati ketimbang sedan. Alasannya, pajak sedan yang mahal di Indonesia.

"Sedan akan terpengaruh dengan pajak, tentunya itu akan membuat konsumen akan berpikir ke sana. Kalau saya lihat, kemungkinan yang mendominasi adalah hatchback. Tapi semua tergantung selera. Saya pribadi merasa agak muda, merasa hatchback yang akan mendominasi," kata Roy.

Meskipun mengusung nama yang sama yakni All New Mazda 3, namun keduanya model menyasar pasar yang berbeda. Tipe sedan untuk kalangan yang lebih dewasa, sedangkan hatchback untuk kawula muda yang mendambakan kendaraan sporty.

Roy mengatakan bahwa kedua model itu secara gabungan akan ditarget laku sebanyak 40-50 unit per bulan setelah diresmikan di GIIAS 2019. Ia juga optimistis pasar sedan -- termasuk All New Mazda 3 sedan -- akan stabil apabila pemerintah merampungkan harmonisasi pajak.



Roy memprediksi komposisi penjualan Mazda 3 hatchback dan sedan adalah dua unit banding satu (2:1), berbeda dengan model Mazda 6 yang didominasi model sedan.  "Mazda 6 itu ada sedan dan hatchback, komposisinya 1 berbanding 2. Tapi kalau yang ini (Mazda 3) mungkin sebaliknya. Hatchback lebih banyak, mungkin 2:1 antara hatchback dan sedan," kata dia.

All New Mazda 3 akan menjadi lawan baru bagi Honda Civic sedan dan hatchback. Model itu juga bisa menyaingi Toyota Altis dan Volkswagen Golf.

"Tulang punggung kami masih CX5 dan Mazda 2, harapan saya Mazda 3 peminatnya banyak dan akan menjadi backbone ketiga setelah dua model itu," kata Roy.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2003, Mazda3 telah tejual lebih dari 6 juta unit di seluruh dunia. Model ini mengincar segmen kalangan muda hingga dewasa, dan selalu membawa perkembangan terbaru dalam rekayasa dan teknologi Mazda.

Sebagai model pertama yang mengadopsi evolusi terbaru desain KODO, Mazda3 tetap menampilkan desain “single motion” yang sederhana dalam tampilan keseluruhan. Salah satu keunggulan model hatchback Mazda3 adalah desainnya yang emosional, sedangkan pada varian sedan menonjolkan kesan elegan.

Untuk itu, meskipun sama-sama memakai nama Mazda3, namun kedua model itu menawarkan kepribadian yang berbeda untuk mewakili karakter konsumen mereka.

Mazda 3 bakal dibekali mesin SKYACTIV-G 2.0L yang menghasilkan tenaga 153 hp pada 6.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 4.000 rpm. Selain mengusung teknologi keselamatan i-ACTIVSENSE, model ini sudah memakai MRCC (Mazda Radar Cruise Control) guna mengukur kecepatan dan jarak aman pada mobil di depannya, kemudian secara otomatis mengontrol kecepatan kendaraan.

Editor: Noor Irawan
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close