Brigjen TNI Rochadi Dipercaya Pimpin Koopsuss TNI - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Tuesday, 30 July 2019

Brigjen TNI Rochadi Dipercaya Pimpin Koopsuss TNI

Jakarta, ZONASATU Brigadir Jenderal TNI Rochadi resmi dilantik sebagai Komandan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI, suatu Badan Pelaksana Pusat Markas Besar TNI yang merupakan gabungan pasukan khusus ketiga matra TNI. Pembinaan kemampuan personel dalam keseharian tetap berada di ketiga matra TNI.

Pelantikan dilakukan secara langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, bersamaan dengan upacara peresmian Komando Operasi Khusus TNI, di lapangan Satuan Pengamanan dan Kawal (Satpamwal) Denma Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Sebelumnya, Rochadi menjabat sebagai Direktur A Badan Intelijen Strategis TNI. Bersamaan dengan upacara itu, dilaksanakan pula pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan pakta integritas, sekaligus penyematan baret Komandan Koopssus TNI serta penandatanganan Naskah Peresmian Kesatuan oleh Panglima TNI, disaksikan Kepala Pembinaan Hukum TNI, Mayor Jenderal TNI Joko Purnomo dan Komandan POM TNI, Mayor Jenderal TNI Dedy Iswanto.

Dalam upacara peresmian tersebut dilaksanakan pengambilan sumpah jabatan, penandatangan Pakta Integritas dan pelantikan jabatan Komandan Koopssus TNI serta penandatanganan Naskah Peresmian Kesatuan oleh Panglima TNI, yang disaksikan Kababinkum TNI Mayjen TNI Joko Purnomo dan Komandan POM TNI Mayjen TNI Dedy Iswanto.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini, baik langsung maupun tidak langsung, dengan rupa atau bentuk apapun juga, tidak memberi atau menyanggupi akan memberi sesuatu kepada siapa pun juga, bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja, dari siapa pun juga yang saya tahu atau pun dapat mengira, bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya. Bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi Sumpah Prajurit," ucap Hadi, yang dikuti Rochadi.



Nantinya, Brigjen Rochadi akan didampingi Kolonel Mar Widodo sebagai Wadankoopssus TNI. Pembentukan Koopssus TNI ini dilakukan berdasarkan Perpres Nomor 42 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Lewat Perpres ini, pemerintah memandang perlunya dibentuk Komando Operasi Khusus TNI dari matra darat (AD), laut (AL), dan udara (AU).

Dalam amanatnya, Hadi juga menyampaikan pesan kepada Komandan Koopsus TNI Brigjen Rochadi. Ia menegaskan mempercayakan sepenuhnya tanggungjawab dan tugas tersebut kepadanya dan pasukannya. Hadi pun memerintahkan agar Rochadi segera melaksanakan orientasi tugas dan kesiapsiagaan pasukan.

"Selanjutnya kepada Komandan Koopssus TNI beserta seluruh komandan satuan jajaran dan anggotanya, saya percayakan sepenuhnya tanggung jawab dan tugas yang mulia ini. Jadilah satuan berkemampuan Tri Matra yang handal dan profesional. Segera laksanakan orientasi tugas dan kesiapsiagaan pasukan, karena setiap saat ancaman dapat terjadi dan membutuhkan pengerahan pasukan Koopssus TNI," kata Hadi dalam amanatnya.

Seperti diketahui, Brigjen TNI Rochadi sendiri yang merupakan alumni Akmil tahun 1986 yang tidak lain teman satu angkatan dengan Panglima TNI, Marsekal TNI. Hadi Tjahjanto. Setelah itu karirnya dibesarkan dari lingkungan pasukan Baret Merah, Kopassus TNI-AD.

Selama di Kopassus dirinya juga memiliki kualifikasi sebagai pasukan 'elit' nya Kopassus di Grup 5/Anti Teror yang selama ini dikenal sebagai Satuan 81/Penanggulangan Teror (Gultor) hingga menjabat sebagai Komandan Batalyon.

Setelah itu dirinya menjabat sebagai Kepala Departemen Juang Pusat Pendidikan Infantri Komando Pendidikan dan Pelatihan Angkatan Darat (Kodiklatad). Selanjutnya Rochadi dipercaya menjadi Komandan Kodim (Dandim) 0616/Indramayu.

Setelah itu, Rochadi pindah ke Pusat Kesenjataan Infantri (Pussenif) Kodiklatad. Lalu setelah itu dirinya menjadi Asisten Teritorial Kepala Staf Kodam (Aster Kasdam) III/Siliwangi sebelum akhirnya menjadi Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo Kodam II/Sriwijaya.

Pada 2016 lalu, Rochadi pun menduduki jabatan sebagai Komandan Pusat Pendidikan Teritorial (Danpusdikter) Kodiklatad. Kemudian pada 5 November 2018, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pun menunjuk Rochadi menjadi Direktur A Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI sebelum akhirnya sekarang menjadi Komandan Koopssus TNI.

Editor: Noor Irawan
Foto: -
Sumber: Ant

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?