MMKSI Tampilkan Xpander versi Rally Tampil di GIIAS 2019 - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Sunday, 21 July 2019

MMKSI Tampilkan Xpander versi Rally Tampil di GIIAS 2019

Tangsel , ZONASATUPT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi meluncurkan tiga model baru ajang di ajang GAIKINDO Indonesia Internasional Motor Show (GIIAS) 2019. Ketiga model baru itu adalah Outlander PHEV (Rp 1.289 juta), Eclips Cross (Rp 478 juta - Rp 483 juta) dan New Triton (Rp 250,5 juta - Rp 480,5 juta).

Dengan diluncurkannya model baru tersebut Mitsubishi Motors semakin menegaskan komitmennya dalam memberikan produk-produk terbaik dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Selain meluncurkan model kendaraan terbaru, MMKSI juga memperkenalkan Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition (Rp 559,5 juta), sebagai edisi terbatas Pajero Sport yang dapat mulai dipesan pada GIIAS 2019.

Selain meluncurkan model-model baru, MMKSI menawarkan beragam paket menarik selama GIIAS 2019 yang berlangsung pada tanggal 18 – 28 Juli 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.

Dan sebagai kelanjutan dari rencana keikutsertaan model Xpander di ajang rally AP4, unit Xpander AP4 akan disuguhkan dalam unit display spesial selama GIIAS berlangsung. Ini merupakan tampilan perdanan sebelum terjun ke arena rally di semester kedua 2019. Begitu pula dengan perkenalan tim Xpander Racing Team (XRT) yang akan menjadi team solid untuk membawa Xpander ke ‘playground’ barunya. Xpander AP4 menggabungkan kenyamanan dan performa untuk memacu adrenalin.

“Mitsubishi Motors telah hadir selama hampir lima dekade di Indonesia untuk mendukung, berkembang dan tumbuh bersama. Kami membawa warisan untuk membangun masa depan dengan produk yang lebih dari sekedar kendaraan transportasi, namun kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir untuk mendukung ambisi Anda serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia sekarang dan di masa depan” ungkap Presiden Direktur PT MMKSI, Naoya Nakamura,Jumat (19/7).

Sementara Xpander Rally Team atau XRT bentukan Rifat Sungkar bersama PT MMKSI membuat mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV), Xpander untuk balap reli.

MPV tersebut dimodifikasi sedemikian rupa untuk mengikuti ajang reli di Selandia Baru pada 16-17 Agustus 2019 mendatang di kelas AP4. Ubahannya Xpander tersebut sangat signifikan, mulai dari bodi, kaki-kaki, hingga mesin.

Jika melihat luarnya, mungkin Anda akan menyangka bahwa Xpander AP4 hanya mendapat sentuhan modifikasi kosmetik saja. Maka tengoklah spesifikasinya, sebagai bukti bahwa Xpander AP4 benar-benar telah diubah menjadi mobil dengan fungsi rally.

Mitsubishi berencana mengirim Xpander AP4 untuk mengikuti balap rally di ajang AP4 pada pertengahan 2019. AP4 merupakan balap rally antar mobil berbasis mobil biasa. Lalu bagian mana saja Mitsubishi memberi sentuhan rally pada Xpander AP4 ini ?



Kalau kamu hanya sekadar melihat-lihat tanpa memperhatikan secara detail, mungkin kamu akan bingung untuk mengetahui mobil apa sebenarnya yang satu ini.  Xpander AP4 bodinya sudah diubah total dengan menggunakan bodykit yang lebih lebar, lengkap dengan diffuser dan spoiler, membuatnya terlihat sangat garang.

Kalau biasanya mobil balap memiliki desain livery yang terlalu ramai di seluruh bagian tubuhnya, berbeda dengan desain untuk Xpander AP4 ini.  Mobil ini terlihat menggunakan livery modern stripe, dengan paduan warna yang tidak terlalu mencolok bagi mata, yakni merah, putih, dan abu-abu. Kombinasi warna seperti ini memang memang selalu berhasil mencuri perhatian.

Mulai dari diffuser, baik depan samping dan belakang, lalu pada kap mesin, juga pada pintu dan spoiler belakang, semuanya terbuat dari bahan karbon. Sebenarnya sah-sah saja sih memberikan modifikasi seperti ini, namanya juga untuk ajang balap, ya carbon is a must karena memang bahannya lebih enteng dibanding material lain.

Karena ajang reli terkenal dengan balapannya yang agak rusuh, lompat sana dan sini, maka Xpander AP4 pastinya dibekali kaki-kaki khusus yang jauh lebih tinggi dari Xpander biasa.

Xpander AP4 ini dibekali velg berwarna putih glossy dari Speedline, dibalut kuatnya ban khusus rally produksi Delium.

Lantas berapa biaya modifikasinya?  Rifat Sungkar mengatakan, tentu ongkosnya lebih mahal, karena mobil jenis tersebut baru pertama kali. Beda dengan jenis mobil yang biasa digunakan balap reli seperti sedan atau hatchback. 

“Mobil pertama pasti jauh lebih mahal dari segalanya. Karena kita bangun dari awal, meski spesifikasi seperti cross member, kit mesin semuanya sama,” ujar Rifat saat menjelaskan pacuannya tersebut di ajang GIIAS,  Tangerang, Minggu 21 Juli 2019.

Rifat mengatakan, girboks Xpander AP4 itu lansiran Xtrac, harganya US$55 ribu atau setara Rp765,6 juta. Dan banyak komponen yang diganti, dengan biaya yang tak jauh beda dari girboks.

“Jadi silakan dikalkulasi, pasti banyak part lain yang harganya juga segitu. Yang mengerjakan mobil ini juga orang bule (Rally Art di Selandia Baru), dan saya belum tahu total biayanya,” tuturnya.

Bisa disimpulkan, ongkos modifikasi Xpander tersebut mencapai miliaran rupiah. Selain girboks, masih banyak komponen yang diganti seperti suspensi, velg, ban, setir, bodi kit, jok, hingga mesin.

“Mobil WRC saat ini harganya US$1 juta (Rp13 miliaran), tapi saya kelasnya dua atau tiga di bawah itu. Dulu Evo biayanya US$250 ribu (Rp3 miliaran), tapi ini (Xpander) akan jauh di atasnya Evo,” katanya.

Rifat menuturkan, waktu yang dibutuhkan untuk pengembangan Xpander AP4 tersebut cukup lama, dari awal sekitar satu tahun itu pun belum selesai hingga 100 persen. Wajar karena mobil baru, yang lama itu proses tuningnya.

Editor: Noor Irawan
Foto: Istimewa
Sumber

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close