Toyota Perkenalkan Sportscar GR Supra di GIIAS 2019 - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Wednesday, 24 July 2019

Toyota Perkenalkan Sportscar GR Supra di GIIAS 2019

Tangerang, ZONASATU PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi memperkenalkan sportscar Toyota GR Supra pada ajang Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2019.

“Kehadiran GR Supra ini adalah bentuk apresiasi PT TAM kepada pelanggan sekaligus menunjukkan semangat Toyota yang senantiasa berupaya menghadirkan produk, teknologi dan layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin modern," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, Selasa (23/7/2019).

Lebih lanjut ia menambahkan, Melalui GR Supra ini, PT TAM juga ingin menegaskan komitmen untuk senantiasa melakukan improvement dalam menghadirkan produk-produk terbaik melebihi ekspektasi, sejalan dengan semangat Toyota dalam mewujudkan Ever Betters Cars bagi para konsumen setia Toyota.

"Tak hanya mumpuni di lintasan pacu, mobil dengan tampilan coupe ini menjanjikan performa kelincahan dan kenyamanan saat berada di jalan raya," katanya.

Seteah sempat vakum selama 17 tahun lamanya, Toyota GR Supra saat ini dikembangkan melalui serangkaian uji coba di lintasan sirkuit maupun diberbagai jalan raya guna memberikan komposisi dan kunci terbaik untuk membrri rasa aman dan nyaman saat mengendarai kendaraan ini.



Menurutnya, kendaraan legendaris itu merupakan model global pertama yang produksi Toyota Gazoo Racing. Toyota GR Supra itu diklaim akan mencuri perhatian para pengunjung GIIAS 2019 meskipun banderol harga tergolong mahal bagi sebagian besar konsumen Indonesia.

"Harga Toyota GR Supra, kami juga masih menunggu bea balik nama. Tapi, nantinya (kendaraan) akan diperkirakan sekitar Rp2 miliar on the road (OTR Jakarta)," ujar Anton.

Di Indonesia, seperti sudah kami beritakan sebelumnya, mobil legendaris warisan Toyota dari line-up Supra yang pertama mengaspal pada 1978 silam ini ditawarkan dalam beragam pilihan warna. Nantinya tidak hanya warna merah dan hitam saja seperti yang berada di booth Toyota di GIIAS 2019. Ke depan akan ada warna kuning, silver, putih, dan abu-abu, yang bisa diboyong konsumen dengan kocek tebal.

Dari bagian eksterior, mobil secara keseluruhan hadir dengan bodi yang elegan. Sebagai mobil coupe, GR Supra menurut kami betul-betul montok. Namun dibalik kemontokannya itu tersimpan aura garang dan sangar khas mobil balap berperforma tinggi.

Pada bagian depan ada lampu-lampu utama dan lampu sign yang dibuat sipit, menyiratkan kesan aerodinamis yang tinggi. Masih di bagian muka, ada bemper dengan grill sebagai lubang sirkulasi udara yang dibuat dalam tiga bagian. Yakni, sisi kiri dan kanan serta grill utama di bagian tengah tepat di bawah logo Toyota. Di bawah area lampu utama juga terdapat lubang, sepertinya untuk fitur udara masuk ke dalam sistem pengereman. Hal yang wajar untuk sebuah mobil balap.

Bagian depan juga terdapat diffuser di bawah bemper. Diffuser-nya dibuat ala sirip-sirip hiu untuk menambah kesan aerodinamis saat kendaraan dipacu kencang di jalanan. Selain itu, fungsi diffuser-nya juga bisa sebagai pelindung bumper depan dari jalan berlubang.

Bergeser ke tengah hingga bagian belakang, kesan aerodinamis juga masih terasa dengan adanya lubang angin dekat area fender ban belakang. Garis-garis tegas bodi juga masih tampak hingga bagian belakang yang juga tak hilang kesan sporty-nya.

Pada bagian belakang ada lampu rem yang juga sipit. Kemudian pintu bagasi belakang yang diberikan spoiler guna mendukung fungsi aerodinamikanya, bemper dengan diffuser bersirip sepeti bemper depan, lampu mata kucing, dua buah knalpot, serta tak lupa emblem Toyota Supra dan logo GR sebagai identitas GR Supra.



Masuk lebih dalam ke GR Supra, siapa pun yang melihatnya dari dekat akan langsung menjumpai pintu frame less. Ini semakin menambah kesan sporty dari GR Supra dengan pintu dan kaca tanpa pilar.

Ketika dibuka, interior berwarna hitam akan langsung didapati di seluruh bagian dalam mobil. Jok, door trim, dashboard, panel-panel, tombol, dan tuas kemudi hingga lingkar stir semua dibalut warna hitam.

Interiornya mewah, elegan, dan sporty tentunya. Kami mencoba masuk ke dalam. Ya, hanya duduk, membayangkan bagaimana rasanya mengemudi mobil ini dengan kecepatan tinggi.

Sebagai mobil dengan aliran balap yang tinggi, posisi duduk dari mobil ini jelas sangat sporty dengan jok semi bucket yang ketika kami duduki cukup terasa mencengkeram bagian pinggang ke atas. Ini baik untuk keamanan pengemudi, jika terjadi kecelakaan, area jok akan melindungi badan pengemudi.

Seperti bisa dilihat pada gambar, tampak di dalam interior GR Supra memiliki sejumlah tombol dan panel penunjang sistem kemudi. Tombol-tombol mulai dari pengaturan suhu ruang, transmisi, mode berkendara, entertainment, setelan lampu, dan masih banyak lagi.

Duduk di dalam GR Supra kami suka. Sebelumnya kami juga pernah mengemudikan Toyota Supra JZA80 tahun 2001. Feel mengemudi dan sensasi dalam kabinnya kurang lebih mirip. Antara pengemudi dengan penumpang samping dipisah oleh sekat yang menjadi tempat konsol box, tuas transmisi, dan beberapa fungsi lainnya.

Sampai kepada aspek performa dalam hal ini mesin,  tentu tak boleh diragukan mengingat track record mobil ini memang legenda balap. Untuk tenaga penggerak, engineer tetap mempertahankan konfigurasi legendaris Supra dengan mesin 3.000 cc Turbo 6 silinder segaris.


GR Supra dilengkapi transmisi 8-speed Sport Automatic. Mesin 3.000 cc mampu menghasilkan tenaga maksimal 340 PS yang dicapai pada putaran mesin 5.000-6.500 rpm, dan torsi maksimal sekitar 500 Nm pada putaran 1.600 – 4.500 rpm.

Guna lebih memperkuat driveability, gardan GR Supra dilengkapi teknologi Limited Slip Diffrential (LSD) yang dikontrol secara elekronik. Fitur ini mampu membuat mobil meluncur mulus saat di tikungan, dan segera bisa dipacu begitu berada pada track yang lurus.

“Dikembangkan dengan misi untuk mencapai Supreme Fun To Drive, GR Supra tak hanya mumpuni di lintasan pacu namun menjanjikan performa kelincahan dan kenyamanan saat berada di jalan raya," jelas Marketing Director PT TAM lainnya, Kazunori Minamide dikesempatan yang sama.

Dikembangkan dengan misi untuk mencapai Supreme Fun To Drive, GR Supra tak hanya mumpuni di lintasan pacu namun menjanjikan performa kelincahan dan kenyamanan saat berada di jalan raya. Untuk Indonesia, TAM memastikan saat ini Supra terbaru belum akan hadir dengan pilihan transmisi manual.

Selanjutnya Anton Jimmi menambahkan, sampai saat ini sudah ada empat unit GR Supra yang ada di Tanah Air. Tetapi tidak menutup kemungkinan tambahan unit mengingat antusias terhadap mobil sport ini begitu besar.

"Benar ada empat unit yang sudah tiba, termasuk dua di pameran ini. Tapi itu bukan final. Kita bicara dengan prinsipal semoga ada tambahan sampai akhir tahun nanti," ucap Anton

Menurutnya, saat ini ada sekitar 10 pemesan GR Supra yang sudah dicatat dan mungkin bertambah selama pameran. Ia meyakinkan pihak TAM berusaha memenuhi permintaan tersebut mengingat permitaan di global juga tengah meningkat.

Soal harga, GR Supra dibanderol sekitar Rp 2 miliar. Harga yang belum pasti ini secepatnya akan ditentukan setelah beberapa hal selesai dilakukan.

"Harga ini masih kisaran, secepatnya kami umumkan harga pastinya. Jadi kita masih menunggu soal pajak sehingga belum finalisasi. Tapi kisarannya sekitar Rp 2 miliar tadi," ucap Anton.

Seperti diketahui sebelumnya, Toyota GR Supra ini sudah terlebih dahulu di perkenalkan di ajang Detroit Motor Show, Amerika Serikat, Januari lalu.

Editor: Noor Irawan
Foto: Istimewa
Sumber: -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close