Pepabri dan FKPPI punya Peran Penting untuk Menjaga Semangat Kebangsaan - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Friday, 13 September 2019

Pepabri dan FKPPI punya Peran Penting untuk Menjaga Semangat Kebangsaan

Jakarta, ZONASATUDi tengah tantangan dan ancaman yang harus dihadapi oleh bangsa ini, Putra-putri purnawiran dan juga anggota TNI-Polri memiliki peran yang sangat penting untuk memperkuat semangat kebangsaan. Hal ini guna mengahadapi tantangan-tantangan yang dihadapi oleh Indonesia pada saat ini termasuk sebagai upaya menangkap paham radikal terorisme..

Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Deputi bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis saat menjadi pembicara pada acara Seminar Kebangsaan mengenai Mewaspadai Berkembangnya Paham Radikalisme di Indonesia.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI – Polri (FKPPI) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) FKPPI ke-41 dan HUT Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri PEPABRI ke-50 yang digelar di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (12/9/2019).

“Pepabri dan FKPPI punya peran penting untuk menjaga semangat kebangsaan. Karena dengan merajut persatuan, tentunya bangsa Indonesia ini akan tetap utuh dan tidak terpecah belah seperti negara-negara lain. Selain itu semangat kebangsaan itu dapat digunakan untuk menangkal paham radikalisme,” ujar Deputi I BNPT, Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis usai acara tersebut..

Tak hanya itu, Alumni Akmil tahun 1986 ini juga mengatakan, Alumni Akmil tahun 1986 ini mengatakan bahwa pendidikan juga ikut berperan penting untuk mencegah berkembangnya paham radikalisme ini khususnya dikalangan milinelial. Karena milenial dan kaum intelektual milenial rentan terkena paham radikalisme.
  
“Seperti yang tadi telah disampaikan oleh pak Agum Gumelar bahwa pendidikan adalah kunci untuk menangkal paham radikalisme khususnya dikalangan milenial. Bahaya radikalisme yang seperti telah saya sampaikan tadi ternyata telah ditangkap dan dirangkum oleh beliau. Dan karena pak Agum Gumelar adalah anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) beliau juga telah membuat laporan dan menyampaikan hal ini kepada presiden,” tutur mantan Komandan Satuan Induk Badan Intelijen Strategis (Dansat Induk Bais) TNI ini.

Lebih lanjut  mantan Komadan Korem Korem 173/Praja Vira Braja Kodam XVII/Cenderawasih ini juga menyampaikan bahwa  apa yang disampaikan Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar dalam pembekalannya bahwa kunci untuk permasalahan radikalisme dilingkungan pendidikan adalah di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Ini karena Kemendikbud lah yang menaungi pendidikan anak-anak di negara ini. Semoga persoalan terkait radikalisme dikalangan milenial ini nantinya dapat segera ditanggapi dan ditindaklanjuti oleh Mendikbud. Mudah-mudahan hal ini bisa segera terealisasi seseuai dengan harapan kita semua,” ucapnya.

Untuk itulah Perwira berpangkat bintang dua di pundak ini mengapresiasi acara seminar tersebut sebagai upaya untuk memperkuat dan menjaga semangat kebangsaan sekaligus untuk mewaspadai berkembangnya paham radikalisme yang ada di Indonesia..

“Saya menilai seminar kebangsaan yang diselanggarakan oleh Pepabri dan FKPPI hari ini sangat bagus sekali. Acara ini tadi dibuka oleh pak Try Soetrisno. Semoga dengan adanya seminar ini kita semua semakin bisa merajut kebersamaan dalam menjaga persatuan bangsa dan bisa mencegah serta terhindar dari paham radikal,” ujar mantan Komandan Grup 3/Sandi Yudha Kopassus TNI-AD ini mengakhiri

Acara Seminar Kebangsaan yang dibuka oleh Wakil Presiden RI ke-6, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno yang juga mantan Ketua Umum Pepabri ini Anggota Watimpres yang juga Ketua Umum Pepabri Jendeal TNI (Purn) Agum Gumelar, mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Dara (Wakasad) Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri,  mantan Tenaga Ahli Pengajar bidang Kependudukan Lemhannas RI, Mayjen TNI (Purn) Bob Pangemanan, Tenaga Profesional. Bidang Strategi & HI Lemhannas RI Laksda TNI (Purn) Robert Mangindaan,  Sekjen Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) Marsda TNI (Purn) FX. Soejito, Ketua Umum FKPPI Pontjo Sutowo dan tamu undangan lainnya.

Editor: Himawan Aji
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close