Saut Situmorang Dituding Ingin Gagalkan Pencalonan Irjen Firli sebagai Capim KPK - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 12 September 2019

Saut Situmorang Dituding Ingin Gagalkan Pencalonan Irjen Firli sebagai Capim KPK

Jakarta, ZONASATUWakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang secara khusus gelar konferensi pers untuk umumkan dugaan pelanggaran etik oleh mantan Deputi Penindakan KPK Firli Bahuri.

Tindakan Saut ini pun menuai  protes. Pasalnya, konferensi pers dilakukan jelang sehari sebelum Firli menjalani wawancara uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon pimpinan KPK oleh Komisi III DPR RI.

Bahkan, Saut pun dituding secara sengaja ingin menggagalkan pencalonan Firli sebagai calon pimpinan KPK.

Adanya perihal polemik itu, Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa menegaskan bahwa konferensi pers yang digelar KPK tersebut tidak akan berpengaruh pada penilaian.

"Tidak akan berpengaruh apa-apa, karena itu sifatnya sepihak," ujar Desmond di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019) siang.

Desmond  mengatakan bahwa apa yang dilakukan KPK bukan hal baru. Mereka bahkan mendapat dua nama yang dianggap bermasalah.

“Tapi, agak aneh seorang pimpinan KPK hari ini melakukan penyerangan di detik-detik terakhir. Nah, ini menurut saya luar biasa sekali. Ini bukan lumrah lagi,” katanya

Bahkan Desmond mempertanyakan kenapa tidak sejak awal KPK mengirim surat itu kepada panitia seleksi (pansel) sebelum tersaring hingga menjadi 10 calon pimpinan. Apalagi sekarang ini tahapan sudah menuju akhir.

“Ini seperti ada ketakutan yang luar biasa di dalam tubuh KPK terhadap Firli. Penolakan luar biasa kepada Firli kan aneh. Nah, inilah intinya dalam fit and proper ke depan kita akan pertanyakan hal-hal yang seperti itu,” jelasnya.

Desmond menuturkan bahwa Firli mendapat catatan paling banyak versi KPK. Baginya, ini merupakan sesuatu yang sangat aneh, karena harusnya sejak dari awal catatan-catatan tentang Firli itu disampaikan di pansel.

“Kalau ini ditanggapi sama pansel, ya rentunya tidak akan masuk ke DPR. Ini namanya KPK buang barang busuk ke kami. Yang harusnya dikasih tahu dari awal buah Firli ini busuk, kenapa tidak dari awal diomongkan busuk misalnya,” ucapnya menagkhiri.

Editor: Sofyan Ahmad
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?