Ibu Kota Negara Baru, TNI Akan Siapkan Ribuan Personil dan Alutsista baru - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 24 October 2019

Ibu Kota Negara Baru, TNI Akan Siapkan Ribuan Personil dan Alutsista baru

Samarinda, ZONASATUKalimantan Timur telah ditetapkan sebagai ibu kota negara baru menggantikan DKI Jakarta. Otomatis tingkat keamananpun harus ditambah. Rencananya TNI bakal menambah 3.000 personel, beserta alat utama sistem pertahanan (Alutsista) di wilayah itu.

“Saya rencanakan minta tambahan personil. Supaya, seiring pembangunan (ibu kota baru), kita juga tambah personil. Diprioritaskan putra daerah jadi prajurit di Kodam Jaya,” ujar Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda, Kamis (24/10/2019).

Menurutnya, dibutuhkan sekitar 2.000-3.000 personel baru untuk mengisi satuan-satuan baru yang akan dibentuk. Dengan diisi secara bertahap. Karenanya memastikan, satuan altileri pertahanan udara, dekat dengan bandara sebagai objek vital dalam rangka pengamanan.

“Untuk lokasi Mabes TNI, kita belum tahu. Dimana setting pemerintahan, kita mengikuti itu,” katanya.

Untuk keperluan Mabes TNI, diperlukan lahan sekitar 10-20 hektare. “Tambahan personil baru, bisa ditempatkan di Amborawang (Amborawang Darat di Kutai Kartanegara), Penajam Paser Utara dan di Samarinda,” jelasnya.

Subiyanto juga memastikan TNI menambah alutsista. Mengingat, wilayah kerja Kodam VI Mulawarman, berbatasan dengan Malaysia.

“Pasti (tambah Alutsista), tahun 2020 dimulai pengadaan baru. Sekarang kan, ibu kota jauh dari negara tetangga. Pasti senjata beda kalau kita dekat,” tutupnya.

Editor: Noor Irawan
Foto: -
Sumber: Merdeka

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close