Jadi Stasiun Sentral, Kawasan Manggarai Akan Ditertibkan - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 24 October 2019

Jadi Stasiun Sentral, Kawasan Manggarai Akan Ditertibkan

Jakarta, ZONASATUStasiun Kereta Api Manggarai, Jakarta bakal menjadi stasiun sentral beroperasinya berbagai angkutan kereta setelah layanan kereta api (KA) jarak jauh dipindahkan dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai pada akhir 2021 mendatang.

Kepala Badan Teknik Perkeretaan Kereta Jakarta Banten Redo Paulus mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menertibkan sekitaran Stasiun Manggarai.

Penertiban akan dilakukan terhadap para pedagang, ojek online, parkir liar, hingga bajaj demi mempermudah aksesibilitas menuju Stasiun Manggarai. “Idealnya memang harus ada penertiban-penertiban pararel,” ujar Redo di Stasiun Manggarai, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

Redo mengatakan, penertiban itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan saat Manggarai menjadi sentral perkeretapian. Namun, ia tak menjelaskan secara detail kapan pihaknya mulai menertibkan kawasan Manggarai itu.

“Iya nanti setelah usai pembangunan kami akan siapkan. Sepertinya memang ada penertiban sih,” tuturnya.

Adapun, Layanan angkutan KA jarak jauh yang beroperasi di Stasiun Gambir akan dipindahkan ke Stasiun Manggarai mulai akhir 2021. Perpindahan itu menunggu proyek revitalisasi Stasiun Manggarai selesai.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan rencana pemindahan stasiun sentral dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai sudah direncanakan sejak lama. Alasannya, Stasiun Manggarai merupakan stasiun yang strategis yang menjadi titik perjumpaan dari berbagai jurusan.

"Jadi memang idealnya tetap di Manggarai," katanya, Sabtu (19/10).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan pemindahan layanan tersebut akan dilakukan setelah revitalisasi Stasiun Manggarai selesai, yakni pada 2021 mendatang. Kemenhub menyebut pemindahan layanan kereta jarak jauh ini sesuai dengan rancangan era Orde Baru.

Namun demikian, ia tidak akan menutup diri dari saran dan masukan dari masyarakat terkait rencana pemindahan stasiun tersebut.

"Kemenhub bukan kementerian yang bandel, kami selalu mendengar apa masukan dari masyarakat. Terbukti dengan taksi online, Dirjen Perhubungan Darat selama dua tahun hampir setiap hari kami bicara. Itu sendiri bukan tidak mungkin tidak diubah, jadi kami siap untuk diskusi," ujarnya.

Sebelumnya, ia mengatakan Kemenhub akan membangun koneksi dengan transportasi lain, seperti LRT dan Transjakarta. Budi menyebut pihaknya memang merancang Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentra, baik perjalanan jarak jauh maupun jarak dekat seperti kereta listrik dan kereta bandara.

"Tinggal kami matangkan, kami koordinasikan dengan KAI dan sebagainya," ujarnya.

Editor: Indarti
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?