Jokowi Minta Kader Pemuda Pancasila jadi Motor Penggerak untuk Menjaga Pancasila - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Saturday, 26 October 2019

Jokowi Minta Kader Pemuda Pancasila jadi Motor Penggerak untuk Menjaga Pancasila

Jakarta, ZONASATUPresiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan acara Musyawarah Besar X Organisasi Pemuda Pancasila. Acara itu dilaksanakan di Lagoon Garden, Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10/2019 siamng).

Dengan mengenakan seagam loreng orange Pemuda Pancasila, Jokowi hadirdi lokasi pada pukul 09.51 WIB. Dan sejak pukul 09.00 WIB, sudah banyak anggota Pemuda Pancasila menggunakan seragam bermotif loreng itu yang hadir.

Acara dihadiri juga oleh Ketua Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno, beserta Wakil Ketua Pemuda Pancasila yang juga Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Saat datang Jokowi langsung disambut oleh Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila Bambang Soesatyo. Ia terlihat menjabat tangannya.

Selain itu, sejumlah anggota PP yang turut hadir mengenakan pakaian seragam serupa juga menyambut kedatangan Jokowi dengan riuh.

"Pancasila....!! Abadi...!!!," begitu teriak para tamu yang hadir.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta dan menyanyikan lagu mars Pemuda Pancasila.

Dalam pidatonya Jokowi meminta kepada para kader-kader Pemuda Pancasila sebagai motor penggerak untuk terus dan tetap menjaga marwah Pancasila

"Saya titip kepada Pemuda Pancasila, saya yakin akan terus dan tetap menjaga Pancasila, menjadi motor bagi pengamalan Pancasila untuk memberi jalan bagi pencapaian Indonesia yang maju, Indonesia yang sejahtera," kata Presiden dalam pidatonya di ruang pertemuan Lagoon Garden.

Dalam acara itu Presiden mengatakan dengan penerapan ideologi Pancasila diharapkan Indonesia mencapai masa keemasannya dengan memiliki kekuatan ekonomi yang besar.

"Indonesia harus menjadi negara maju dan di 2045 saat kita merayakan 100 tahun Indonesia merdeka, kita memiliki potensi besar untuk masuk ke 5 besar negara dengan ekonomi terkuat dunia dengan pendapatan per kapita, ini hitung-hitungan para pakar, itu sekitar Rp320 juta per kapita per tahun," ungkap Jokowi.

Kendati demikian, untuk mencapainya juga diperlukan kerja keras dan kerja bersama, serta inovasi agar lebih kompetitif di tingkat global.

Jokowi bersama Japto meresmikan pembukaan musyawarah tersebut dan Presiden juga mendapat kartu tanda kehormatan PP.

"Saya ucapkan selamat bermusyawarah dan dengan mengucap Bismillahirahmanirahim musyawarah besar ke-10 Pemuda Pancasila pada pagi hari ini dibuka," demikian Presiden.

Selain dihadiri Japto Soerjosoemarno dan Bamsoet, tampak pula Ketua DPD RI La Nyalla Matalitti. Selain itu juga hadir Bendahara Partai Golkar Robet J Kardinal, Politikus Golkar Mahyudin, serta Politikus Golkar sekaligus Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali,  Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Ketua panitia Musyawarah Besar Bamsoet mengaku bersyukur Jokowi bisa hadir dalam acara yang diselenggarakan Pemuda Pancasila. Padahal, kata dia, Jokowi ada kegiatan kunjungan kerja ke Papua.

"Dapat berada di tengah-tengah keluarga Pemuda Pancasila sesungguhnya beliau akan berangkat ke Papua tapi karena Pemuda Pancasila beliau tunda sore," ucap Bamsoet.

Seperti diketahui, Pemuda Pancasila adalah sebuah organisasi paramiliter Indonesia yang didirikan oleh Jenderal Abdul Haris Nasution pada 28 Oktober 1959 silam. Sejak tahun 1981 organisasi ini dipimpin oleh Japto Soerjosoemarno.

Japto menyebut Mubes tersebut diadakan sekaligus untuk mengucapkan selamat atas amanat dan kepercayaan rakyat yang telah memilih Jokowi. Menurutya. jika Jokowi sudah mengumumkan anggota kabinet kerjanya, dalam beberapa hari Pemuda Pancasila akan menyelaraskan program kerjanya dengan program kerja kabinet baru lewat Mubes.

"Kesiapan masyarakat, khususnya Pemuda Pancasila adalah mempercepat pelaksanaan tersebut. Itu kewajiban warga negara," ujar dia.

Dalam tema besar yang diangkat pada MUBES X yaitu "Mengembalikan Marwah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Sesuai Naskah Asli yang Ditetapkan pada 18 Agustus 1945," Pemuda Pancasila mempertegas tujuannya.

"Tema yang kita pakai karena kita dilahirkan waktu menjawab Dekrit Presiden. Pemuda Pancasila akan mengembalikan Marwah Pancasila dan Undang-undang sesuai naskah asli Undang-Undang dasar 1945," ujar Japto.

Acara Musyawarah Besar X Pemuda Pancasila dan perayaan HUT ke-60 Tahun Pemuda Pancasila akan dilaksanakan empat hari dari 25-28 Oktober di Hotel Sultan, Jakarta Pusat.

Mubes dihadiri kurang lebih 1.500 pengurus wilayah dan cabang Pemuda Pancasila dari seluruh Indonesia.

Acara dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 26 Oktober, dan ditutup oleh Wakil Presiden Profesor Kyai Haji Ma'ruf Amin pada 28 Oktober 2019 mendatang.

Editor: Noor Irawan
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close