Prestasi TNI Mendapat Apresiasi dari Presiden Jokowi - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Saturday, 5 October 2019

Prestasi TNI Mendapat Apresiasi dari Presiden Jokowi

Jakarta, ZONASATUPresiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasi kepada seluruh prajurit TNI dalam menjalankan tugas dan menjaga kepercayaan rakyat Indonesia.

"Kita semua bangsa Indonesia juga menyampaikan penghargaan khusus kepada para prajurit TNI yang gugur saat menjalankan tugas demi tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Presiden Jokowi dalam amanatnya saat upacara Peringatan HUT Ke-74 TNI yang berlangsung di Taxiway Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

Menurut Presiden, personel TNI juga selalu sigap membantu masyarakat di wilayah-wilayah yang terkena bencana. TNI juga dinilai Presiden berhasil menjaga kelancaran dan keamanan pemilu serentak tahun 2019.

Kepala Negara juga menjelaskan TNI menorehkan nama yang baik di pentas global terutama dalam kompetisi menembak tingkat regional maupun global di Malaysia dan Australia.

Presiden juga menyampaikan sejumlah pencapaian di bidang pertahanan antara lain pembangunan pangkalan militer terpadu di Pulau Natuna yang akan disusul 4 pangkalan serupa di Biak, Morotai, Merauke, serta Saumlaki.

Kemudian pada 30 Juli 2019 telah dibentuk Komando Operasi Khusus (Koopsus) yang akan mendukung penanganan terorisme.

Selain itu TNI juga telah melangsungkan Latihan Gabungan Dharma Yudha pada awal September 2019 yang melibatkan 12.500 prajurit dari 3 matra yang juga sebagai ajang unjuk teknologi baru.

Pada 27 September juga telah dibentuk Komando Gabungan Wilayah Pertahanan di Tanjung Pinang, Balikpapan, serta Biak.

"Semua ini menandai pergeseran budaya militer di Indonesia yang tadinya terpilah-pilah di masing-masing matra kemudian jadi terpadu dalam lingkup TNI yang semakin didukung profesionalisme para prajurit," kata Presiden.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi juga menyampaikan tiga pesan kepada prajurit TNI, salah satunya harus dapat beradaptasi dan mampu mengadopsi teknologi baru.

"Prajurit TNI masa depan harus miliki kemampuan adopsi dan adaptasi teknologi baru, serta menjunjung tinggi kemandirian strategis alutsista dalam negeri," kata Presiden.

Hal kedua yang disampaikan Presiden yakni prajurit TNI tidak boleh terjebak oleh egosentris matra. Kepala Negara meminta prajurit TNI harus dapat bersinergi dengan kementerian dan lembaga dalam membangun negara.

"Ketiga, prajurit TNI wajib menjaga kemanunggalan TNI bersama rakyat melalui operasi bakti dan program tentara manunggal membangun desa," kata Jokowi.

Presiden juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada sejumlah pejabat TNI dan jajaran pejabat pemerintah.

Sejumlah tokoh yang disebutkan oleh Presiden antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah Menko bidang Polhukam Wiranto, Luhut Binsar Pandjaitan,  Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Siwi Sukma Aji, serta Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Yuyu Sutisna.

"Kontribusi bapak-bapak serta jajaran TNI sungguh sangat berarti bagi perjalanan negeri ini menjadi bhayangkari bangsa dan negara dalam menegakkan NKRI dan mengawal kemajuan Indonesia tercinta. Dirgahayu TNI!," demikian Presiden.

Editor: Noor Irawan
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close