Punya Dua Wamen, Erick Tohir dinilai Mampu Selesaikan Tiga Masalah Ini - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Sunday, 27 October 2019

Punya Dua Wamen, Erick Tohir dinilai Mampu Selesaikan Tiga Masalah Ini

Jakarta, ZONASATUKementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi satu-satunya kementerian yang memiliki dua wakil menteri (wamen). Padahal pada kabinet sebelumnya, Kementerian BUMN bahkan tidak memiliki wakil menteri.

Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia Toto Pranoto mengatakan, dua Wamen ini justru dapat membantu Menteri BUMN menyelesaikan permasalahan di Kementerian BUMN yang masih belum dipecahkan. Tiga permasalahan tersebut ialah menyelesaikan pembentukan holding, merestrukturisasi BUMN yang masih merugi, dan kasus korupsi.

"Tugas Wamen bisa dibagi untuk Wamen Budi Gunadi Sadikin fokus bereskan soal sektoral dan superholding BUMN. Sementara Wamen Kartika Wirjoatmodjo bisa handle soal merestrukturisasi BUMN yang merugi," ujarnya dilansir iNews.id, Minggu (27/10/2019).

Seperti diketahui, Wamen BUMN Budi Gunadi tadinya merupakan Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum merupakan induk holding pertambangan. Sementara, Kartika sebelumnya menjadi Dirut PT Bank Syariah (Persero) Tbk.

"Pengalaman masing-masing Wamen saya kira fit dengan tugas tersebut," kata dia.

Selain itu, posisi dua Wamen ini tidak akan mengganggu fungsi kedeputian karena masih bisa membantu tugas Menteri dan Wamen. Namun, ditambahnya dua Wamen ini membuat struktur organisasi Kementerian BUMN menjadi gemuk.

"Saya kira dibutuhkan adjustment organisasi di Kementerian BUMN. Intinya bukan menambah birokrasi tapi justru bentuk organisasi yang fleksibel dan bisa mempercepat proses pengambilan keputusan," ucapnya.

Dia pun yakin Menteri BUMN Erick Thohir akan bisa memimpin Kementerian BUMN mengingat pengalamannya dalam mengelola bisnis skala global. Sebelumnya, Erick menjadi pendiri perusahaan media Mahaka Group meski akhirnya jabatan tersebut dilepasnya begitu dipilih menjadi Menteri BUMN.

"Tinggal memastikan saja bahwa yang bersangkutan bisa mendedikasikan waktu sepenuhnya sebagai menteri dan nonaktif dari bisnis pribadinya, sehingga conflict of interest bisa dihindarkan," tutur dia.

Editor: Indarti
Foto: -
Sumber: i-News

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?