Presiden Jokowi Resmi Lantik 12 Wakil Menteri di Kabinet Indonesia Maju - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Friday, 25 October 2019

Presiden Jokowi Resmi Lantik 12 Wakil Menteri di Kabinet Indonesia Maju

Jakarta, ZONASATU -  Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik sebanyak 12 Wakil Menteri (Wamen) di Istana Negara, Jakarta pada hari Jumat (25/10/2019) siang pukul 14.00 WIB.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 72M Tahun 2019 tentang Pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Kemudian, para wakil menteri mengambil sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia pada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada negara,” kata Jokowi diikuti para wakil menteri.

“Bahwa saya dalam melaksanakan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab,” lanjut mereka.

Pelantikan ini dihadiri para pimpinan lembaga negara dan partai politik seperti Ketua DPR Puan Maharani, Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Ketua DPD La Nyalla Mattaliti. Tampak pula Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Selain itu hadir juga Ketua KPU Arief Budiman, dan para menteri Kabinet Indonesia Maju. Sebelumnya, Jokowi dan Ma'ruf Amin mengumumkan para wakil menteri sembari duduk di tangga Istana Kepresidenan.

Jokowi menilai 12 wakil menteri ini akan mampu memberikan dukungan kepada tugas-tugas menteri. “Profilnya sangat bagus dalam rangka memperkuat kabinet indonesia maju,” kata Jokowi.

Para wakil menteri berasal dari beragam latar belakang. Dari 12 wakil menteri tersebut, lima orang berlatar belakang politisi, relawan dan lainnya dari kalangan profesional.

Wakil menteri itu diberikan untuk 11 kementerian yang ada di Kabinet Indonesia Maju. Berbeda dari yang lainnya Kementerian BUMN yang dipimpin Erick Thohir mendapat dua wakil menteri.

Berikut susunan lengkapnya para wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju:
1. Wakil Menteri Luar Negeri : Mahendra Siregar (Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat)
2. Wakil Menteri Pertahanan: Wahyu Sakti Trenggono (Mantan Bendahara Tim Kampanye Nasional)
3. Wakil Menteri Agama: Zainut Tauhid Sa'adi (Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI)/PPP)
4. Wakil Menteri Keuangan: Suahasil Nazara (Kepala Badan Kebijakan Fiskal)
5. Wakil Menteri Perdagangan: Jerry Sambuaga (Politisi Golkar)
6. Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat: John Wempi Wetimpo (Eks Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo /PDIP) 7. Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Alue Dohong (Pejabat Badan Restorasi Gambut)
8. Wakil Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi: Budi Arie Setiadi (Mantan Ketua Umum Projo)
9. Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN: Surya Tjandra (PSI)
10. Wakil Menteri BUMN: Kartika Wirjoatmodjo (Direktur Bank Mandiri)
11. Wakil Menteri BUMN: Budi Gunadi Sadikin (Direktur Utama Inalum)
12. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Angela Tanoesoedibjo (Puteri Ketua Umum Perindo Hari Tanoesoedibjo)

Editor: Casandra Editya
Foto: Merdeka
Sumber: -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close