Ryamizard Resmi Serahkan Jabatan Menhan ke Prabowo - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 24 October 2019

Ryamizard Resmi Serahkan Jabatan Menhan ke Prabowo

Jakarta, ZONASATU - Kementerian Pertahanan menggelar upacara serah terima jabatan (sertijab) Menteri Pertahanan (Menhan) dari Jenderal TNI (Pur) Ryamizard Ryacudu kepada Letjen TNI (Pur) Prabowo Subianto. Sertijab berlangsung di Gedung AH Nasution, kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Prosesi sertijab dilakukan melalui penandatanganan memorandum pelaksanaan tugas. Keduanya menandatangani memorandum secara bergantian. Kemudian, Ryamizard menyerahkan memorandum tersebut kepada Prabowo. Selepas penandatanganan memorandum, keduanya sempat berfoto bersama dan menerima ucapan selamat dari pejabat tinggi Kementerian Pertahanan.

Ryamizard didampingi oleh istri dan dua anaknya. Sementara itu, Prabowo didampingi oleh kakaknya, Hashim Djojohadikusumo.

Prosesi sertijab ini diawali dengan upacara jajar kehormatan untuk menyambut Prabowo saat tiba di Kementerian Pertahanan. Upacara tersebut digelar di halaman Gedung Jenderal Soedirman yang terletak di bagian depan area kementerian.

Begitu tiba di halaman Kementerian Pertahanan, Prabowo mendapat sambutan berupa penghormatan dari pasukan TNI yang berasal dari tiga matra dan pegawai negeri sipil (PNS) Kemhan. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan.

Prabowo tampak berjalan kaki dan didampingi oleh Komandan Upacara. Mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) TNI-AD itu juga sempat memberikan hormat kepada Bendera Merah Putih yang dibawa oleh prajurit.

Seusai upacara jajar kehormatan, Prabowo bersalaman dengan pejabat tinggi Kementerian Pertahanan yang berbaris di belakangnya.



Turut hadir dalam acara ini Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan para kepala staf angkatan yakni KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Aji dan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Upacara sertijab juga dihadiri Menko Polhukam Mahfud MD, serta Wapres ke-6 RI Jenderal TNI (Pur) Try Sutrisno.

Prabowo mengaku mendapat pesan dari Ryamizard Ryacudu. Pesan tersebut mengenai beratnya tantangan sebagai Menhan ke depan.

"Tadi beliau ingatkan kepada saya tugas Menhan sangat berat, harus ikut membantu Presiden khususnya menjaga kedaulatan keutuhan wilayah dan menjaga keamanan," ujar Prabowo, Kamis (24/10/2019).

Pergantian dari Ryamizard ke Prabowo ini akan menuliskan catatan tersendiri. Keduanya dikenal sebagai rekan satu angkatan sewaktu di Akademi Militer (dulu Akabri). Keduanya lulus dari Lembah Tidar pada tahun 1974.

Di angkatan itu, para purnawirawan Jenderal lainnya antara lain Jenderal TNI (Purn) Agustadi Sasongko Purnomo (mantan KSAD), dan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin (mantan Sekjen dan juga mantan Wamenhan).

Saat Pilpres 2019, Ryamizard mengakui dirinya sebagai sahabat baik Prabowo. Kendati berbeda secara politik, mengingat saat itu posisinya adalah menteri Kabinet Kerja, Ryamizard menegaskan bahwa pilpres bukan ajang permusuhan bagi siapa pun.

Editor: Himawan Aji
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?