Idham Azis Resmi Dilantik Presiden Jokowi sebagai Kapolri Baru, Pangkatnya Naik jadi Jenderal - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Friday, 1 November 2019

Idham Azis Resmi Dilantik Presiden Jokowi sebagai Kapolri Baru, Pangkatnya Naik jadi Jenderal


Jakarta, ZONASATU - Idham Azis resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kapolri baru pada Jumat (1/11/2019) pukul 09.30 WIB di Istana Negara. Idham Azis dilantik setelah dinyatakan lolos uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test.

Posisi Idham Azis menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Purnawirawan Tito Karnavian yang ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di Kabinet Indonesia Maju.

Pengangkatan Idham Azis sebagai Kapolri berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 97 Tahun 2019 Tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian RI. Keputusan Presiden ini mulai berlaku sejak saat pelantikan pejabat pada Jumat (1/11/2019).

Jokowi kemudian menanyakan kesediaan Idham untuk diambil sumpahnya.

Lulusan Akpol 1988 itu menyatakan bersedia.

"Sebelum saudara mengucapkan sumpah di hadapan tuhan Yang Maha Esa berkenanaan dengan pelantikan dengan jabatan ini harap dijawab pertanyaan saya," ucap Jokowi.

"Saudara Komjen Idham Azis apakah saudara beragama Islam?" tanya Jokowi.

"Siap, saya beragam Islam," jawab Idham.

"Harap saudara mengikuti dan mengulangi kata kata saya," pinta Jokowi.

Berikut isi sumpah Kapolri :

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus lurusnya demi dharma bakti saya pada bangsa dan negara,"

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab."

"Bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata."



Setelah pembacaan keputusan presiden, Idham Azis menandatangani berita acara pelantikan. Didampingi pula oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Tak hanya itu, pangkat Idham Azis dinaikkan menjadi jenderal polisi.

Selanjutnya, Jokowi mengganti tanda pangkat Idham Azis yang terpasang di pundak, dari bintang tiga menjadi bintang empat.

Pelantikan itu dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta jajaran Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan sejumlah pimpinan partai politik.

Seperti diketahui, sehari sebelumnya, Idham Azis dinyatakan lolos menjadi Kapolri baru pada rapat paripurna yang dilakukan DPR.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi III DPR RI, Herman Herry, Kamis (31/10/2019) sore.

Idham Azis menjadi calon tunggal kapolri baru yang diajukan oleh Presiden Jokowi. Ia akan menggantikan posisi Tito Karnavian yang telah dilantik menjadi menteri dalam negeri di Kabinet Indonesia Maju.

Ditemui setelah melakukan uji kelayakan dan kepatutan yang digelar Komisi III DPR, Idham Azis meminta doa restu agar dapat mengemban amanah menjadi Kapolri baru, Rabu (30/10/2019).

"Saya juga mohon doa restu untuk bisa melaksanakan amanah ini dengan rasa penuh tanggung jawab," ujar Idham Azis.

Idham Azis juga mengucapkan terima kasih kepada Komisi III DPR RI sebagai pelaksana uji kelayakan dan kepatutan Komisi III DPR RI bertugas pada bidang hukum, hak asasi manusia, dan keamanan.

"Saya juga mau berterima kasih kepada teman-teman dari komisi tiga, yang telah melaksanakan proses fit and proper test ini dengan penuh kekeluargaan, namun tidak mengurangi rasa hikmat di dalam menggali materi yang dipertanyakan ke saya," kata Idham Azis.

Ditanyai mengenai apakah ada catatan khusus dari Komisi III DPR RI, Idham Azis menerangkan tidak ada catatan khusus yang diberikan untuknya. "Sementara ini tidak ada, hanya tinggal menunggu proses surat," jelas Idham Azis.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada awak media dan mengajak kerja sama ketika Idham Azis menjabat sebagai Kapolri baru nantinya.


Editor: Casandra Editya
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?