Polda NTT Targetkan Punya Batalyon Brimob di Tiga Pulau Besar - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 14 November 2019

Polda NTT Targetkan Punya Batalyon Brimob di Tiga Pulau Besar

Kupang, ZONASATU Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur Brigjen Polisi Johannis Asadoma mengemukakan pihaknya menargetkan akan memiliki Batalyon Brigade Mobil (Brimob) yang tersebar pada tiga pulau besar, di antaranya Pulau Timor, Flores, dan Sumba.

"Kami targetkan ke depan kembangkan lagi tambahan satu batalyon Brimob sehingga nanti ada tiga batalyon yang menyebar di tiga pulau besar, Timor, Flores, dan Sumba," katanya kepada wartawan usai memimpin upacara HUT ke-74 Korps Brimob Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang digelar di Markas Satuan Brimob Polda NTT, Jl Timor Raya, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Kamis (14/11/2019).

Dia mengatakan saat ini Polda NTT memiliki satu Satuan Brimbo yang membawahi dua batalion yakni di Pulau Timor dan Pulau Flores serta delapan kompi.

Untuk itu, lanjutnya, pengembangan tengah diupayakan agar setiap pulau besar di provinsi berbasiskan kepulauan itu dilengkapi dengan batalyon Brimob.

Asadoma mengatakan rencana pengembangan baru dimulai dengan tahap awal berupa telaan staf namun telah dibicarakan bersama para pimpinan Polri di tingkat pusat.

"Sudah kita bicarakan di tingkat pusat sehingga mudah-mudahan ini bisa disetujui untuk ke depan ditambah lagi batalyon baru," katanya.

Dia menambahkan pengembangan suatu organisasi Polri bahkan yang paling kecil sekali pun banyak melibatkan lintas kementerian terkait seperti Kementerian PAN RB, Kementerian Keuangan, Bappenas, dan lainnya sehingga membutuhkan waktu dan kesiapan yang memadai.

"Ini memang butuh waktu yang cukup panjang, tetapi rencana target strategis kami ke depan seperti itu untuk menambah satu batalion Brimob di NTT," katanya.

Dia menambahkan, penambahan batalion ini terus diupayakan agar dapat terealisasi untuk menunjang upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mendukung penegakkan hukum di masyarakat.

Dalam ranka HUT Brimob tersebut dirinya juga meminta agar para personel Brimob di provinsi setempat tetap menjaga profesionalisme dalam menjalankan tugasnya di masyarakat.

"Harapan kita agar para personel Brimob di daerah ini tetap menjaga profesionalisme dalam bertugas karena ini juga yang diharapkan masyarakat umum," katanya.

Dia mengatakan, Brimob Polri telah menorehkan berbagai prestasi membanggakan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk itu, lanjut dia, pada HUT ke-74 ini personel Brimob diharapkan tetap menjaga profesionalisme terutama dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Dia mengatakan selain itu, para personel Satuan Brimob juga dituntut untuk mampu menegakkan hukum khususnya dalam menghadapi berbagai macam kejahatan berintensitas tinggi seperti pemberontakan bersenjata, terorisme, dan kejahatan transnasional lainnya.

"Selain itu tentu Brimob juga harus mampu memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Ini yang saya kira sangat diharapkan masyarakat pada umumnya," katanya.

Asadoma juga mengapresiasi capaian Satuan Brimob khususnya dari provinsi setempat yang dilibatkan dalam berbagai kegiatan pengamanan berskala besar.

Personel Brimob dari NTT, lanjutnya, juga ikut serta dalam mengamankan berbagai tahapan Pemilu 2019 di daerah hingga pusat dan juga menjaga keutuhan NKRI seperti dengan penugasan ke wilayah Papua.

"Ini merupakan kebanggaan bagi NTT juga karena personel kita dipercaya Pimpinan Polri untuk mengemban tugas-tugas sampai ke tingkat nasional,"

Dia berharap, personel Brimbob setempat terus membina dan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di tengah masyarakat.

Perayaan HUT ke-74 Korps Brimob Polri yang digelar di Markas Brimob Polda NTT diisi dengan pelaksanaan upacara dan dilanjutkan dengan atraksi tarian kebangsaan. Turut hadir, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat beserta jajaran dari forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) serta pejabat unsur TNI-Polri di daerah setempat.

Editor: Noor Irawan 
Foto: -
Sumber: Ant

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?