Polisi Dilarang Pamer, Wapres: Perlu Ditiru Lembaga Lain - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Wednesday, 20 November 2019

Polisi Dilarang Pamer, Wapres: Perlu Ditiru Lembaga Lain

Jakarta, ZONASATU Mendekatkan para personel Polri dengan masyarakat melalui hidup sederhana, merupakan salah satu cara. Oleh karenanya, Divisi Propam Mabes Polri mengeluarkan imbauan larangan bergaya hidup mewah bagi para anggotanya.

Ada tujuh poin yang dimuat pada surat telegram nomor ST/30/XI/HUM.4.3/2019 tanggal 15 November 2019. Pertama, tidak menunjukkan, memakai, memamerkan barang-barang mewah dalam kehidupan sehari-hari baik dalam interaksi sosial di kedinasan maupun di area publik.

Kedua senantiasa menjaga diri, menempatkan diri (dengan) pola hidup sederhana di lingkungan internal institusi Polri maupun kehidupan bermasyarakat. Ketiga, tidak mengunggah foto atau video pada medsos yang menunjukkan gaya hidup yang hedonis, karena dapat menimbulkan kecemburuan sosial.

Keempat, menyesuaikan norma hukum, kepatuhan, kepantasan dengan kondisi lingkungan tempat tinggal. Kelima, menggunakan atribut Polri yang sesuai dengan pembagian, untuk penyamarataan. Keenam, pimpinan, kasatwil, perwira dapat memberikan contoh perilaku dan sikap yang baik (dengan) tidak memperlihatkan gaya hidup yang hedonis terutama Bhayangkari dan keluarga besar Polri. Ketujuh, dikenakan sanksi yang tegas bagi anggota Polri yang melanggar.

Rupanya imbauan itu, mendapat tanggapan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin.  Ma'ruf Amin pun mengapresiasi imbauan agar anggota Polri tidak pamer kemewahan. Ma'ruf menilai hal itu tepat agar tidak menimbulkan kecemburuan.

"Ya itu bagus sekali supaya tidak menimbulkan kecemburuan," kata Ma'ruf di kantor Wakil Presiden, Rabu (20/11/2019).

Dia mengatakan larangan itu juga bisa mencegah munculnya ketidakpuasan masyarakat. Ma'ruf meminta kebijakan itu ditiru instansi lain.

"Kemudian juga menimbulkan ketidakpuasan masyarakat. Saya kira anjuran itu bagus sekali. Kalau perlu, ditiru oleh instansi dan lembaga-lembaga lain, itu bagus sekali. Kesederhanaan," ucapnya.

Sebelumnya, aturan agar anggota Polri hidup sederhana itu tertuang dalam telegram dari Kadiv Propam Polri Irjen Listyo Sigit Prabowo nomor: ST/30/XI/HUM.3.4/2019/DIVPROPAM. Aturan ini diteken pada 15 November 2019.

"Itu memang arahan langsung dari Bapak Kapolri Jenderal Idham Azis terkait dengan profil Polri berada di tengah-tengah masyarakat tentunya harus menampilkan sebagai Polri yang dekat dengan masyarakat. Terhadap hal-hal yang sifatnya hedonis, mem-posting hal-hal yang sifatnya pamer jadi sesuatu yang seharusnya kita hindari," kata Irjen Listyo belum lama ini.

Irjen Listyo mengatakan hendaknya anggota Polri di media sosial menampilkan gaya hidup yang sederhana. Aturan ini, menurutnya, juga berlaku bagi anggota keluarga Polri.

Editor: Indarti
Foto: Okz
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?