TNI Angkatan Laut gelar latihan di Belitung - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Saturday, 2 November 2019

TNI Angkatan Laut gelar latihan di Belitung

Belitung, ZONASATU Pasukan TNI Angkatan Laut menggelar latihan di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna meningkatkan profesionalisme pasukan agar lebih siap menjalankan tugas ke depan.

"Latihan ini merupakan latihan lanjutan satuan laut tahun 2019. Kami menggelar latihan di pantai ada pendaratan tank amfibi, penembakan artileri dan perebutan kota Tanjung Pandan," kata Komandan Pasukan Marinir 1, Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah di Sijuk, Belitung, Sabtu (2/11/2019).

Menurut dia, latihan tersebut melibatkan sebanyak 576 personel pasukan, 16 tank amfibi dan alat persenjataan lainnya yang dimiiki Pasmar 1, merupakan komando pelaksana utama Korps Marinir di wilayah barat Indonesia.

"Kemudian persenjataan lainnya ada dua roket multi laras kaliber 122 mm Vampire dan dua Howitzer 105 mm," ujarnya.

Ia menilai, latihan yang dilaksanakan berjalan dengan cukup baik mulai dari pendaratan pasukan Marinir di pantai Tanjung Siantu dan proses penembakan artileri dengan target sasaran 10 kilometer.

"Hasilnya bisa kita lihat secara bersama-sama sudah berjalan cukup baik," ujarnya.

Sedangkan untuk ke depannya, kata Nur Alamsyah, Pasukan Marinir akan terus menggelar latihan secara rutin, guna meningkatkan kemampuan dan profesionalitas prajurit.

"Ke depan kami akan lebih sering latihan, termasuk ke Belitung sini juga akan lebih sering," katanya.


Sementara itu Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah memberikan apresiasi terhadap kelancaran kegiatan latihan pasukan TNI AL di Kabupaten Belitung.

"Saya sudah sejak dari pagi mengikuti kegiatan ini dari hulu sampai hilirnya dan mendapatkan makna kegiatan ini begitu sangat strategis dalam menguatkan pertahanan negara," katanya di Sijuk, Belitung, Sabtu.

Menurut dia, sudah saatnya dilakukan konsolidasi dalam menguatkan pertahanan negara dengan segala kekuatan yang ada mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) hingga alat persenjataan yang dimiliki.

Dia menyatakan, latihan semacam ini sangat perlu dilakukan sebagai ajang evaluasi atas sistem persenjataan yang dimiliki apakah masih layak dan baik digunakan jika dibandingkan dengan pihak lain.

"Ini juga sesuai arahan yang disampaikan Presiden kepada Menteri Pertahanan yakni harus dilakukan penguatan-penguatan pertahanan keamanan di dalam negeri," ujarnya.

Dengan upaya semacam itu, kata Wagub, maka negara Indonesia nantinya akan menjadi negara yang disegani oleh bangsa lain.

Sementara itu, Komandan Pasukan Marinir 1, Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah di Tanjung Pandan, Sabtu mengatakan kegiatan latihan ini adalah untuk meningkatkan profesionalitas prajurit dalam menjalankan tugas ke depannya.

"Latihan ini merupakan latihan lanjutan satuan laut tahun 2019. Kami menggelar latihan di pantai ada pendaratan tank amfibi, penembakan artileri dan perebutan kota Tanjung Pandan," katanya.

Editor: Noor Irawan
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close