Di tahun 2019 Pasar Mobil Ramai dengan model MPV dan SUV baru - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Tuesday, 31 December 2019

Di tahun 2019 Pasar Mobil Ramai dengan model MPV dan SUV baru

Jakarta , ZONASATUPasar otomotif Indonesia dengan penjualan lebih dari 1 juta unit mobil baru dalam tahun 2019 ini merupakan market yang cukup menggiurkan untuk produsen kendaraan bermotor .

Pabrikan Jepang, Eropa hingga China, berlomba-lomba mengenalkan produk baru guna menarik minat konsumen Indonesia, baik dari segmen mobil multi guna (multi purpose vehicle/MPV), sport (sport utility vehicle/SUV), hingga sedan dan city car.

Khusus untuk segmen MPV, merupakan pasar dengan persentase penjualan terbesar di Indonesia sedangkan SUV merupakan segmen kendaraan yang berkembang secara global. Berikut 22 mobil MPV dan SUV baru di Indonesia sepanjang 2019:

Segmen SUV

Lexus LX 570



Merek mobil mewah Lexus mengawali tahun 2019 dengan menghadirkan varian terbaru dari model LX, yaitu LX 570 Sport, dengan penyegaran pada bagian wajah berupa signature spindle grille sport (grille depan berdesain sport).

Perubahan juga terdapat pada bumper depan dan belakang yang kali ini dilengkapi dengan diffuser untuk meningkatkan aerodinamika berkendara. LX 570 Sport mengusung mesin 5.700 cc, V8, yang menghasilkan 362 horsepower, serta didukung transmisi otomatis delapan percepatan.

Pada interior, LX 570 Sport memiliki ruang kabin luas, serta tempat duduk lebar berbalut kulit semi-aniline yang sangat lembut. Ruang kabin yang kedap suara didukung 19-speaker Mark Levinson Premium Audio System, serta 12.3-inch Center Screen Display dan 11.6-inch Dual Rear Seat Entertainment.

BMW X4



BMW Group Indonesia memulai tahun 2019 dengan meluncurkan kendaraan generasi terbaru di segmen Sports Activity Coupe, yaitu All-new BMW X4 generasi kedua yang dijual Rp1,4 miliar, di Jakarta.

President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan, mengatakan lebih dari 200.000 unit BMW X4 generasi pertama telah terjual secara global dalam kurun waktu hanya empat tahun.

All-new BMW X4 hadir dalam varian M Sport X yang sebelumnya telah diperkenalkan pada BMW X2 tahun lalu. Model ini akan bersaing di segmen premium dengan Mercedes-Benz GLC Class, Audi Q5 dan Range Rover Evoque.

Hyundai Santa Fe


PT Hyundai Mobil Indonesia memulai tahun 2019 dengan menghadirkan varian terbaru dan teratas dari All New Hyundai Santa Fe yang dinamai "The Grand Santa Fe".

Varian baru itu dihadirkan kepada pecinta SUV di Indonesia dengan fitur-fitur terbaik, dan akan dijual dengan harga Rp629,5 juta berstatus on the road DKI Jakarta.

Hyundai The Grand Santa Fe hanya hadir dengan mesin Diesel R2.2 CRDi EVGTurbo bertransmisi Automatic Shiftronic-8 Speed dan warna body Phantom Black.

Wuling Almaz


Wuling Motors Indonesia meluncurkan Almaz di kelas medium SUV. Nama Almaz diambil dari bahasa Arab yang mempunyai arti diamond atau berlian.

Almaz merupakam produk keempat dari Wuling Motors Indonesia. Almaz hadir dengan mesin 1.500cc empat silinder turbocharged, menyemburkan torsi 250 nm 1600-3600 rpm dengan tenaga maksimal 140hp sehingga kendaraan ini mempunyai tenaga yang cukup baik di kelasnya mampu menghasilkan top speed lebih dari 150 km/h.

Porsche Macan


PT Eurokars Artha Utama sebagai distributor tunggal Porsche di Indonesia pada Maret 2019 meluncurkan The new Macan model S, untuk bersaing di segmen SUV mewah, melawan model Eropa lainnya yakni BMW X4, Range Rover Velar dan Mercedes Benz GLC.

Sejak debut pertamanya pada 2014, model itu memiliki kesuksesan dengan berhasil terjual lebih dari 350 ribu unit dalam kurun empat tahun secara global.

Porsche Macan memakai mesin 1.984cc dengan tenaga 354 hp dengan torsi maksimum 370 nm melalui kombinasi transmisi tujuh percepatan dual clucth.

Hyundai Kona


PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) pada April 2019 meluncurkan produk medium Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya, Hyundai Kona, yang siap dipasarkan dengan banderol Rp363,9 juta on the road Jakarta.

Kona yang dibekali mesin 2.000cc empat silinder NU MPI Atkinson yang bertenaga 147 dk dan torsi 179,4 Nm, akan menjadi kompetior Mazda CX-3 dan Honda HR-V 1.8.

DFSK Glory 560


Pada April 2019, manufaktur otomotif China Dongfeng Sokon (DFSK) mengumumkan produk terbaru DFSK Glory 560 yang tersedia dalam lima varian dengan harga jual mulai dari Rp 189 juta hingga Rp 239 juta. Dengan harga tersebut, DFSK berharap dapat memenuhi kebutuhan konsumen berkapasitas tujuh penumpang dengan mesin 1.5T dan 1.8L.
Mobil pesaing Honda HR-V hingga Toyota Rush dan Daihatsu Terios itu memiliki dimensi 4515mm x 1815mm x 1735mm, dilengkapi sejumlah fitur antara lain floating head unit layar sentuh 8 inci yang disertai navigasi GPS, Mirroring Smartphone (iOS dan Android), dan kamera belakang.

Toyota C-HR Hybrid


PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada April 2019 memasarkan kendaraan dari segmen segmen Sport Utility Vehicle (SUV) elektrifikasi, Toyota C-HR Hybrid, yang dijual mulai Rp523 juta atau lebih mahal sekira Rp30 juta dari C-HR bermesin konvensional.

Toyota Indonesia berharap, kehadiran C-HR Hybrid mampu mendorong pertumbuhan pasar kendaraan elektrifikasi guna mendukung kebijakan pemerintah dalam mengembangkan industri kendaraan listrik melalui program low carbon emission vehicle (LCEV).

C-HR Hybrid menggunakan teknologi Toyota Hybrid dengan dua motor penggerak yaitu Internal Combustion Engine (ICE) dan motor listrik. Model itu memakai mesin 2ZR-FXE dengan power 100 PS yang dikombinasi motor listrik berkekuatan 36 PS.

Land Rover All New Discovery


PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) sebagai distributor mobil Jaguar dan Land Rover menghadirkan seri terbaru Land Rover Discovery dengan mesin empat silinder 2,0 liter pada April 2019.

Selain mesin, Land Rover Discovery dua liter itu juga mendapat tambahan kapasitas tempat duduk berupa kursi kabin yang menampung tujuh penumpang. Kapasitas itu sesuai dengan karakter pasar Indonesia.

Kendati demikian, harga produk yang mencapai Rp2,4999 miliar (off-the-road) menjadi kendala pada pangsa pasar Land Rover yang sempit.

Eclipse Cross


PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali membawa produk segar untuk pasar Indonesia yakni Outlander PHEV dan Eclipse Cross, setelah mereka memperkenalkan pickup New Triton pada pekan lalu di Jakarta.

Mitsubishi Eclipse Cross mengusung konsep “Built to Impress”, memiliki desain stylish Dynamic Shield yang merupakan DNA Mitsubishi Motors. SUV ini memadukan garis-garis yang tajam dan stylish, serta SUV bergaya dan performa khas Mitsubishi.

Eclipse Cross yang dijual mulai Rp478 juta hingga Rp483 juta hadir dalam tiga pilihan warna, yakni Red Diamond, Silky White dan Amethyst Black. Berbagai fitur unggulan antara lain:

Outlander PHEV



Guna mendukung dan mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik, Mitsubishi Motors menghadirkan Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) yang mengintegrasikan SUV, teknologi 4WD dan keunggulan PHEV.

Mobil yang dijual Rp1,289 miliar ini hadir dalam dua pilihan warna Ruby Black dan Silky White. Outlander PHEV juga memakai mesin bensin berkapasitas 2.400cc namun diperkuat motor listrik.

BMW X7



BMW mengenalkan X7 di Jakarta pada pertengahan 2019. BMW X7 xDrive40i Pure Excellence berjenis SUV (sport utility vehicle) dibekali mesin 3.0 liter enam silinder BMW TwinPower Turbo itu resmi meluncur di Indonesia dengan harga Rp2,399 miliar (off the road).

Audi Q8



PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen pemegang merek Audi di Indonesia secara resmi mengenalkan kendaraan baru Audi Q8 untuk dipasarkan di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Kamis.

Dari sisi dimensi, Audi Q8 memiliki panjang 4,99 meter, lebar 2 meter dan tinggi 1,71 meter. Meskipun dimensi mobil ini lebih lebar, lebih panjang, dan lebih pendek dari Q7, namun jarak sumbu rodanya hampir mencapai 3 meter, sehingga menyuguhkan keleluasaan dalam kabin.

Audi Q8 dilengkapi mesin V6 bensin 3,0 liter yang dapat menghasilkan tenaga puncak 340 hp dan torsi 500 Nm dengan transmisi otomatis 8-speed Triptonic. Audi Q8 dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp2.45 miliar (on the road) dengan delapan pilihan warna berbeda.
Mazda3

Nissan X-Trail



PT Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi meluncurkan New Nissan X-Trail dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang dibanderol Rp 530 juta on the road Jakarta.

Pada bagian eksterior, New Nissan X-Trail menyematkan desain khas Nissan, yaitu V-Motion grille. Salah satu fitur yang dibanggakan Nissan X-Trail adalah pengendali kemudi pintar (intelligent cruise control) yang dapat mengendalikan kecepatan selain akselerasi dan deselarasi, tergantung kepada kendaraan yang ada di depannya.

Fitur kendali kemudi itu diklaim dapat mengurangi rasa lelah saat bepergian jarak jauh di jalan bebas hambatan serta lebih canggih dibanding kendali kemudi konvensional.

BMW X1



BMW Group Indonesia kembali meluncurkan mobil di segmen Sports Activity Vehicle (SAV) compact premium terbarunya melalui X Series, yaitu The New X1.

Generasi terbaru X1 ini sekaligus menjadi penutup daftar mobil baru yang diluncurkan BMW di Indonesia pada tahun 2019. Dirakit secara lokal di pabrik BMW Production Network 2 Gaya Motor, Sunter, Jakarta, BMW The New X1 akan dihargai Rp739 juta off the road, dan menjadikannya mobil BMW termurah saat ini.

Segmen MPV

All New Nissan Livina


Nissan Motor Indonesia pada Februari 2019 meluncurkan Livina model terbaru, yang berplatform Mitsubishi Xpander, sejalan dengan aliansi global antara Nissan dan Mitsubishi.
All New Nissan Livina hadir dengan tampilan serba berbeda dari model sebelumnya, kendati Livina terbaru itu lebih mirip Mitsubishi Xpander -- aliansi Nissan-Mitsubishi -- dengan ciri khas bodi yang lebih besar dan tampilan lampu utama depan yang berada di bagian bawah.

Kendati demikian, tetap terdapat perbedaaan tampilan pada Livina dengan Xpander, terutama pada bagian grille depan yang lebih menukik ke bawah bernama "Grille V-Motion" dan lampu LED berbentuk bumerang.

All New Nissan Serena



Bersamaan dengan peluncuran All New Livina, Nissan Motor Indonesia juga mengenalkan generasi kelima Nissan Serena yang mengusung sejumlah fitur baru berkonsep "Nissan Intelligent Mobility."
Nissan Serena yang sudah mengaspal di segmen High MPV Indonesia pada 1996, kini dilengkapi Intelligent sliding door yang bisa membuka pintu penumpang secara otomatis.

Fitur yang diklaim menjadi yang pertama di segmennya itu memudahkan penumpang untuk masuk dan keluar kendaraan saat kedua tangan sedang membawa barang, atau tengah menggendong anak. All New Nissan Serena juga menjadi satu-satunya MPV di pasar Indonesia yang memiliki perpaduan dua warna (two-tone body color).

Ertiga Sport


PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan varian baru All New Ertiga Sport dalam lini produk kendaraan keluarga mobil serbaguna (low multi purpose vehicle/LMPV) dengan 11 perubahan dari varian Ertiga GX yang menjadi model dasarnya.

Pembaruan itu meliputi bagian eksterior antara lain tambahan body kit berupa "Upper & Lower Front Grille", "Front Under Spoiler", "Side Under Spoiler (Right & Left)", "Rear Upper Spoiler", dan "Rear Under Spoiler". Ornamen eksterior itu dilengkapi emblem khusus Suzuki Sport di bagian buritan yang semakin membedakan model ini dengan varian sebelumnya.

Suzuki berharap Ertiga Sport ini dapat berkontribusi 20 persen dari seluruh penjualan All New Ertiga.

Confero ACT dan Cortez CT



Masih di bulan April, Wuling Motors mengumumkan harga jual kendaraan keluarga Cortez CT dan Confero S ACT pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Cortez CT diniagakan mulai Rp232 juta hingga Rp282 juta, sedangkan Confero S ACT ditawarkan seharga Rp 191,8 juta, yang seluruhnya dalam status on the road Jakarta.

Cortez CT dibekali mesin 4 silinder 1.500cc Turbocharger yang menghasilkan tenaga maksimal 140 HP serta torsi 250 Nm. Sedangkan Confero S ACT hadir dengan transmisi e-Clutch yang memudahkan pengoperasian transmisi manual tanpa adanya pedal kopling.

Xpander Cross

Mitsubishi Motors Indonesia meluncurkan Xpander Cross di Indonesia, yang merupakan kendaraan berjenis crossover yang memadukan nilai-nilai dari kendaraan multi guna (MPV) serta utilitas sport (SUV).

Model terbaru ini merupakan pengembangan dari Mitsubishi Xpander yang sudah dipasarkan sejak 2017. Xpander Cross memiliki penampilan kendaraan crossover yang dipertegas dengan over fender, roof rail, fog lamp sporty, dan kaki-kaki baru.

Hadir dengan lima warna menarik, mobil ini dibanderol dengan harga Rp267,7 juta untuk varian M/T, Rp277,7 juta untuk varian A/T, dan 286,7 untuk varian A/T Premium Package.

Renault Triber



Maxindo Renault Indonesia mengumumkan harga Renault Triber Rp133 juta on the road Jakarta, setelah pesaing Daihatsu Sigra dan Toyota Calya itu diperkenalkan pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Mobil berkonfigurasi 7 penumpang itu mengusung beberapa hal pada desain eksterior yang mungkin menarik minat konsumen antara lain desain lampu proyektor yang mencolok, DRL LED, dan rail roof.

Kesan Renault sangat kental berkat desain grille krom tiga baris yang berada di bawah logo berlian mereka. Mobil itu memiliki Ground Clearance 182 mm yang memberikan kesan bahwa Triber cocok untuk pasar Indonesia dengan kondisi jalan yang tidak selalu mulus.

Calya-Sigra



Toyota dan Daihatsu Indonesia pada September 2019 di Jakarta meluncurkan New Calya dan New Sigra yang mengandalkan tampilan agresif dan elegan.

Dua mobil kembar itu menjadi kompetitor Datsun GO+ dan Renault Triber.

Editor: Noor Irawan
Foto: Ist
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?