Pekan Depan Reli Dakar 2020 digelar di Arab Saudi - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Tuesday, 31 December 2019

Pekan Depan Reli Dakar 2020 digelar di Arab Saudi


Jakarta, ZONASATUReli Dakar 2020 yang akan dilaksanakan di Arab Saudi menjadi pertama kalinya dalam sejarah lantaran berlokasi di kawasan negara Asia Barat atau identik dengan Timur Tengah.

Dimana gurun bakalan jadi arena berpetualang sepanjang 7.500 km selama 13 hari dan 12 stage. Berlangsung pada 5-17 Januari, Jeddah dipilih menjadi line-up yang akan diikuti lebih dari 250 pengemudi terbaik dunia dari 62 negara dan finish di Qiddiya.

Tak terkecuali Stéphane Peterhansel, 13 kali juara Reli Dakar, ”Kami benar-benar tertarik dengan pemandangan yang sangat indah dan padang pasir persis seperti yang kami harapkan dengan pegunungan, perbukitan pasir, dan ngarai kecil. Beberapa stage juga menyajikan jalur sepanjang pantai, jadi itu akan menjadi kombinasi yang sangat menarik.”

Jalur yang mencekam terus berlanjut ke utara di sepanjang pantai selama hampir 900 km melewati Laut Merah hingga mencapai Neom yang berada di ketinggian 1.400 mdpl di tengah pegunungan dan ngarai.

“Disini, Arab Saudi, anda dapat menemukan apapun. Saya kira semua orang akan terkejut dan syok dengan apa yang mereka lihat. Negara ini sangat besar dan sangat indah. Anda dapat menemukan musim dingin dan musim panas pada hari yang sama baik di utara atau barat. Ini adalah negara yang sangat besar dan anda akan menemukan berbagai jenis medan nantinya,” ujar pengemudi asal Arab Saudi, Yazeed Al Rajhi.



Saudi Automobile and Motorcycle Federation secara resmi telah mengkonfirmasi rincian rute paling menantang di dunia berupa dataran gurun yang megah dan jalur yang bervariasi di Arab Saudi.

Keragaman karakter mencirikan tiga kota yang akan menandai fase penentuan di Reli Dakar. Jeddah melambangkan akar sejarah dari negara itu, sementara ibu kota Riyadh mempresentasikan kekuatan kerajaan, sebagaimana dicontohkan oleh proyek Qiddiya.

Reli Dakar bukan hanya soal memacu kendaraan, tetapi performa kendaraan dan ketahanan fisik maupun mental manusia juga diuji. Memilih Arab Saudi berarti memperkenalkan tantangan yang sama sekali baru, menawarkan aksi panggung di atas padang pasir dan hanya punya waktu 1 hari untuk istirahat.

Dilansir dari laman Dakar, ajang ini akan disiarkan oleh 70 channel televisi di 5 benua yang terdiri dari 190 negara, anda juga bisa menonton live report via Red Bull TV atau klik langsung ke situs resmi Red Bull. Tak ketinggalan diliput sebanyak 1.900 media massa baik cetak, radio, dan online yang sudah terakreditasi dari seluruh penjuru negeri.

Soal foto dan video, penyelenggara menyiapkan 75 fotografer dan 11 agensi foto yang tersebar diseluruh titik. Kalau anda penasaran, nih tonton teasernya, dijamin bikin merinding disko, langsung aja mampir ke https://youtu.be/IeKAFd3v6AU.



Dibanding sebelumnya di Amerika Selatan, kawasan Arab akan menyajikan 75% medan gurun pasir yang akan memaksa pembalap untuk menyerah. Para pembalap total akan melalui sekitar 7500 km dari Jeddah sampai Qiddiya, dengan 5.000 km di antaranya adalah medan spesial, termasuk 3 medan yang diprediksi akan sangat sulit dilalui dengan panjang lebih dari sekitar 750 km.

Selain itu, para pembalap bisa dibilang tidak cukup tahu mendalam soal medan yang akan dilalui sehingga balapan akan lebih menantang dan petualangannya akan sangat terasa.

Para pembalap akan dibekali peta khusus dengan aturan beda dari sebelumnya untuk membantu melewati medan yang diprediksi akan sangat berat ini.

Editor: Noor Irawan
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?