Akan Tinjau Banjir, Helikopter yang Ditumpangi Kepala BNPB Kecelakaan - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Monday, 6 January 2020

Akan Tinjau Banjir, Helikopter yang Ditumpangi Kepala BNPB Kecelakaan


Sangihe, ZONASATUPesawat Helikopter yang ditumpangi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo sempat mengalami kecelakaan. Helikopter serang milik TNI-AD jenis Mi-35P dengan Nomor registrasi HS-7154 itu gagal terbang.

Kejadian kecelakaan terjadi pada pukul 11.52 Wita di Lapangan Gesit Kelurahan Sawangbendar Kecamatan Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe, Senin (6/1/2020). Berikut kronologinya dan beberapa foto detik-detik kecelakaan helikopter seperti dikutip dari MetroTV:

Pada pukul 11.50 Wita Pesawat Helikopter lepas landas tujuan Siau Kab. Sitaro namun Pesawat Helikopter tidak ada power untuk naik dan hanya terbang rendah tiba-tiba menukik mundur sehingga bagian ujung dari sayap kiri Pesawat Helikopter mengait bagian depan mobil dinas Palaksana Lanal Tahuna Letkol Laut (P) Christian jenis Suzuki Ertiga warna biru Noreg 6304-VIII yang diparkir di pinggir kanan Lapangan Gesit dan mengangkatnya setinggi kurang lebih 5 meter selama beberapa detik.



Kemudian mobil dinas tersebut terlepas dan jatuh ke tanah yang diikuti dengan jatuhnya tangki cadangan aftur di sayap kiri dan menimpa bagian belakang mobil dinas Pemda Sangihe jenis Toyota Rush Nopol DL 1470 A

Dugaan sementara dari Pilot Helikopter Kapten Cpn Faris Affandi bahwa Pesawat Helikopter tidak bisa naik karena tidak ada power untuk mengangkat Pesawat yang diakibatkan oleh adanya perubahan cuaca tiba-tiba berhembus angin kencang.

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo bersyukur tidak sampai terjadi kecelakaan yang menimbulkan korban dalam peristiwa ini. Dia pun memutuskan untuk menunda penerbangan.

"Tidak ada yang cedera sama sekali, semuanya selamat," kata Doni dalam video yang diposting BNPB dalam akun twitternya.



Doni mengatakan dirinya bersyukur masih diberi keselamatan usai kecelakaan tersebut. Dia juga mengapresiasi pilot yang terus berusaha mengendalikan helikopter di tengah cuaca buruk sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

"Kami semua bersyukur, bahwa cuaca tidak begitu bersahabat, tetapi pilot Kapten Penerbang Faris mampu mengendalikan pesawatnya dengan baik, sehingga tidak terjadi korban jiwa dan kerugiannya relatif kecil," kata dia.

"Saat ini pilot dan pesawat masih di Sangihe untuk penanganan lebih lanjut," ujar Doni.

Editor: Noor Irawan
Foto: Ist
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?