Masyarakat diminta bisa mengisi kegiatan perekonomian di Laut Natuna - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 9 January 2020

Masyarakat diminta bisa mengisi kegiatan perekonomian di Laut Natuna


Jakarta, ZONASATU - Setelah kapal-kapal China meninggalkan zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Prof Dr. Mahfud MD mengajak masyarakat untuk mengisi kegiatan sosial dan ekonomi di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau.

Mahfud juga mengajak masyarakat untuk tidak lagi meributkan hak berdaulat Indonesia di wilayah tersebut dan mengisi ZEEI Perairan Natuna Utara, Kepulauan Riau.

"Kita nggak usah ribut-ribut lagi. Kita isi sekarang Natuna itu dengan kegiatan-kegiatan sosial ekonomi dan pemerintahan secara lebih proporsional daripada kosong," ujar Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menyebutkan, saat ini sudah tidak ada kapal nelayan China dan maupun kapal penjaga pantai China yang berlayar di ZEE Indonesia.

Sebelumnya kapal-kapal ikan China masuk ke ZEEI Perairan Natuna Utara dengan menyalakan automatic identification system (AIS) sehingga terdeteksi oleh Indonesia.

"Namun, sekarang kapal-kapal tersebut sudah berada di luar ZEEI. Karena nampaknya sudah sekurang-kurangnya kapal-kapal yang tidak tidak menghidupkan AIS-nya, automatic identification system, biasanya kemarin kan sangat provokatif masuk kapal menghidupkan gitu seakan-akan nampak, sekarang sudah nggak ada sudah diluar semua," tutur Mahfud.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Sisriadi menyebutkan, kapal-kapal China yang sebelumnya melakukan illegal fishing di perairan Natuna Utara, Kepulauan Riau, sudah keluar dari wilayah ZEE Indonesia.

"Memang berdasarkan pengamatan dari TNI AU melalui pengintaian udara, mereka artinya kapal-kapal China yang waktu itu melakukan illegal fishing sudah keluar dari ZEE kita pasca-kunjungan bapak Presiden ke Natuna," kata Sisriadi di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, menanggapi perkembangan di Natuna

Editor: Himawan Aji
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?