Puing roket Rusia dicari penyelidik Ukraina di lokasi jatuhnya pesawat UIA - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 9 January 2020

Puing roket Rusia dicari penyelidik Ukraina di lokasi jatuhnya pesawat UIA


Kiev, ZONASATUPara penyelidik Ukraina ingin mencari kemungkinan adanya puing-puing roket Rusia dalam kecelakaan pesawat di Iran setelah memperoleh informasi tentang hal itu di internet, kata Oleksiy Danylov, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional, pada Kamis (9/1/2020).

Ukraina tengah melihat berbagai kemungkinan penyebab jatuhnya maskapai penerbangannya, termasuk kemungkinan serangan roket, tabrakan, ledakan mesin atau terorisme, tulisnya lewat Facebook.

Pesawat Boeing 737 milik Ukraine International Airlines itu jatuh tak lama setelah lepas landas dari bandara Teheran pada Rabu pagi kemudian terbakar dan menewaskan seluruh penumpang dan awak pesawat sebanyak 176 orang.

Di antara korban jiwa, ada sebanyak 82 warga negara Iran, 63 warga negara Kanada, 11 warga Ukraina, 10 warga Swedia, empat warga Afghanistan, tiga warga Jerman dan tiga warga Inggris.

Sebagian besar penumpang yang naik ke pesawat yang naas itu adalah mereka yang singgah untuk penerbangan selanjutnya.

Kecelakaan terjadi pada saat konflik antara Iran dan Amerika Seikat yang terancam akan menjadi konflik perang yang lebih luas di Timur Tengah. Namun para pejabat memperingatkan bahwa dugaan penyebab kecelakaan merupakan spekulasi dini.

Kecelakaan itu merupakan insiden yang pertama kalinya yang dialami maskapai penerbangan yang berpusat di Kiev itu. Pihak maskapai berusaha memastikan apa yang sebenarnya terjadi pada pesawat itu.

Menurut aturan internasional, tanggung jawab penyelidikan kecelakaan ada di pihak Iran. Televisi negara Iran melaporkan bahwa kotak hitam pesawat yang menjadi kunci menemukan penyebab kecelakaan sudah ditemukan.

Editor: Basyitun Adhim
Foto: Ist
Sumber: Reuters

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close