Selama 11 tahun, Daihatsu puas tempati urutan kedua penjualan mobil - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 9 January 2020

Selama 11 tahun, Daihatsu puas tempati urutan kedua penjualan mobil


Jakarta, ZONASATUPT Daihatsu Astra Motor (ADM) mempertahankan penjualan mobil di posisi kedua selama 11 tahun berturut-turut dalam hal pencapaian penjualan ritel (diler ke konsumen) di pasar otomotif nasional.

Marketing dan CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso mengungkapkan bahwa, mempertahanakan ranking urutan kedua lebih berat ketimbang harus untuk mendapatkan.

Untuk itu ia menyatakan puas karena target pada 2019 sudah tercapai dan mereka menargetkan kenaikan market menjadi 17,1 persen pada 2020.

"Saya ingin mengatakan bahwa mencapai posisi nomer dua tidaklah mudah, karena pesaing kami memiliki produk yang sedang diincar oleh konsumen dan kemungkinan para pesaing kami akan dapat menggeser urutan kami," kata Hendrayadi dalam jumpa persnya di kantor PT ADM, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (9/1/2020).

Capaian ini sudah luar biasa, kata Hendrayadi, karena Daihatsu bisa mempertahankan posisi nomor dua di tengah persaingan yang sangat ketat dengan brand lain. Khususnya kompetitor yang selama ini menjadi rival Daihatsu, seperti Suzuki, Honda, dan Mitsubishi.

Sebagai informasi, pencapaian selama 11 tahun itu berkat produk Daihatsu yang silih berganti menempati "top 3" kontributor, antara lain Xenia, Gran Max, dan Sigra.

"Tahun 2007 Xenia menempati posisi pertama dalam hal penjualan Daihatsu dengan 56 persen, pada 2008 Xenia masih berada di posisi pertama dengan 44 persen dan 2009 Xenia mencapai 55 persen," kata dia.

"2014-2016 market berubah dengan memilih Grand Max mencapai 29 persen, 2017-2019 Sigra merajai penjualan dengan mencapai 29 persen dan menjadi tulang punggung penjualan dari Daihatsu," tambah dia.

"Kami sudah membangun hingga 251 jaringan di 33 provinsi dari 34 provinsi yang ada di Indonesia," tutur dia.

Selama 11 tahun berada di peringkat kedua di bawah Toyota. Penjualan Daihatsu yang mendominasi antara lain, Xenia, Gran Max, Ayla, dan Sigra.

"Kami bersyukur dapat mempertahankan posisi nomor dua selama 11 tahun beruntun pada penjualan ritel otomotif nasional. Pencapaian ini tidak lepas daru hasil inovasi yang dilakukan secara terus-menerus dari seluruh tim demi meingkatkan safety, quality, dan efficiency,"kata Marketing Director PT. Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra.

Amel menjelaskan, penjualan di Desember 2019 sekitar 18.157 unit, dibandingkan November 2019 naik sekitar 12 persen. Sehingga total penjualan secara retail Daihatsu di 2019 mencapai 177.586 unit.

"Kalau dibandingkan dengan rival terdekat yakni Mitsubishi, untuk mencapai 177.586 unit butuh sekitar 29.000 unit di bulan Desember. Rasanya terlalu jauh, kalau angka 29.000 unit per bulan itu level Toyota," ungkapnya.

"Jadi kami berani klaim walaupun belum ada angka resmi dari Mitsubishi, kami nomor dua," sambung Amel.

Selain penjualan, Daihatsu juga terus berinovasi dengan melakukan pembaruan dalam proses produksi yang lebih berkualitas dengan fokus kepada 3 hal utama, yaitu safety, quality, dan efficiency.

Tujuan dari inovasi di bidang safety ialah untuk menjadi merek yang terpercaya dengan selalu menciptakan proses kerja yang aman.

Sementara itu, inovasi pada quality bertujuan agar semua produk Daihatsu menjadi best fit in Indonesia.

Pada sisi efisiensi, agar Daihatsu selalu dapat memberikan best value kepada konsumen.

Pada kesempatan awal tahun ini, Daihatsu juga menampilkan sebagian dari proses inovasi dalam proses kerja produksi tersebut berupa booth exhibition sebagai gambaran representasi.

Safety diwakilkan oleh Press Plant Daihatsu yang mempresentasikan tentang inovasi sensor pendeteksi bahaya, yang juga akan bekerja menahan mesin press saat karyawan memasuki area beresiko tinggi, sehingga lebih aman dan terhindar dari kecelakaan kerja.

Dalam hal Quality, diwakilkan oleh Engine Plant dengan alat 'quality detector' yang dapat menghasilkan kualitas potongan tiap komponen mobil yang lebih presisi, dan Casting Plant dengan 'robot deburring' yang berfungsi sebagai alat pembersih scrap secara otomatis.

Pada sisi Efficiency, diwakilkan Body Plant, mengenai optimalisasi proses penyatuan bagian bodi atas dengan bodi bawah mobil secara otomatis, agar proses kerja lebih cepat, dan lebih hemat ruang.

Sebagai hasilnya, Daihatsu di Indonesia meraih penghargaan dan berprestasi di ajang InnovAstra yang ada di dalam grup Astra, serta meraih 3 penghargaan tertinggi diamond pada konvensi skala nasional seperti TKMPN (Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional).

Editor: Noor Irawan
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close