Temui Presiden Jokowi, Wantimpres katakan tak ingin beri Nasihat Duplikasi - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Wednesday, 22 January 2020

Temui Presiden Jokowi, Wantimpres katakan tak ingin beri Nasihat Duplikasi


Jakarta, ZONASATU Sejumlah anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) telah menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta untuk melaporkan kegiatan yang dilakukan dan tidak ingin memberi nasihat duplikasi yang telah diberikan oleh kementerian atau lembaga lain agar tidak tumpang tindih.

"Yang pasti kami tidak ingin nasihat dan pertimbangan kami kepada Presiden itu duplikasi, tumpang tindih dengan instrumen lain yang dimiliki Presiden, apakah kementerian, lembaga, Mabes TNI, BIN, kemudian staf ahli Presiden," kata Ketua Wantimpres Wiranto ditemui di halaman Istana Negara, Jakarta pada Rabu (22/1/2020).

Menurut dia, Wantimpres akan memberikan masukan yang berbeda dengan kementerian/lembaga. Sejumlah nasihat yang diberikan tidak akan menggurui kepala negara/pemerintahan.

"Wantimpres juga akan membantu menemukan kendala dalam birokrasi yang sebabkan kebijakan Presiden tidak terealisasi di lapangan," ujarnya.

Mantan Menko bidang Polhukam itu menjelaskan institusinya akan mengamati masalah aktual yang berhubungan dengan kebijakan Presiden. Dengan demikian Wantimpres dapat memberikan saran dan pertimbangan kepada Presiden.

"Presiden kan ingin kami, tidak boleh dia berjalan linier. Nggak boleh berjalan 'alon-alon asal kelakon' tapi ada lompatan-lompatan sehingga negara ini atau rakyat Indonesia bisa ada akselerasi, sejajar dengan negara maju sehingga beliau juga sudah mencanangkan adanya penguatan SDM," jelas Wiranto.

Wiranto juga menjelaskan bahwa institusinya akan "menjemput bola" untuk memahami aspirasi masyarakat terhadap suatu persoalan.

"Kami melakukan satu hubungan yang lebih erat dengan berbagai kalangan, untuk menjemput informasi, untuk mendapatkan satu perkembangan-perkembangan yang mutakhir, terkini yang datang dari masyarakat," kata Wiranto

Menurut dia, Wantimpres akan memberikan usulan dan pertimbangan kepada Presiden dengan memadukan usulan terbaik yang dikumpulkan dari masyarakat langsung.

Sejumlah pihak yang disebutkan akan didatangi Wantimpres antara lain lembaga pendidikan, lembaga kajian, media, hingga elemen masyarakat seperti serikat buruh.

"Kami akan terus berusaha untuk mencari informasi terhadap masalah-masalah aktual, terkini, dimana di sana terjadi satu sumbatan birokrasi masalah-masalah lainnya yang menghambat ada program2 tidak terealisasi," tutur Wiranto menjelaskan.

Dalam kesempatan tersebut Wiranto menjelaskan bahwa menemui Presiden Joko Widodo untuk membahas kinerja Wantimpres setelah dilantik.

Sejumlah anggota Wantimpres yang turut hadir antara lain Agung Laksono, Sidharto Danusubroto, Putri Kus Wisnu Wardani, dan Habib Lutfi.

Editor: Casandra Editya
Foto: -
Sumber: Antara

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?